Unit USP Harapan Mandiri Desa Pangkalan Jambi Gelar Gebyar Bagi Hasil Tahun 2019
Pencabutan Undian Berhadiah

Unit USP Harapan Mandiri Desa Pangkalan Jambi Gelar Gebyar Bagi Hasil Tahun 2019

Laporan: Andhika Bugis


SUNGAI PAKNING-  Unit USP Harapan Mandiri, Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis menggelar agenda tahunan Gebyar Bagi Hasil Tahun 2019.

Kegiatan tersebut, berlangsung dihalaman Sekolah PDTA Tarbiyah Islamiyah (TI) Desa Pangkalan Jambi, Rabu (11/03/2020) 

Unit Usaha Simpan Pinjam (USP) Harapan Mandiri ini salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cahaya Perdana, yang merupakan usaha Desa Pemerintah Desa Pangkalan Jambi.

Ketua Unit USP Harapan Mandiri Desa Pangkalan Jambi, Rozi Haryanto mengatakan, Anggaran sebelumnya dari tahun 2009 Rp 5.000.500.000, setelah dikembangkan sampai tahun 2019 sebanyak Rp 16.187.500.000 yang disalurkan ke masyarakat atau kepemanfaat sebanyak 813 orang.

"Jumlah sisa Hasil Usaha (SHU) tahun 2019 sebesar Rp 80.178.000, dan dibagi dua, terdiri dari Pendapatan Asli Desa (PADES) sebesar Rp 40.039.000, dan cadangan pengembangan usaha Bumdes sebesar Rp 40.039.000," jelas Rozi lagi.

Disampaikannya lagi, keseluruhan total hadiah untuk pemanfaat sebesar Rp 103.000.000, diantaranya digunakan untuk pelaksanaan Gebyar, Sosial, dan untuk Doorprize, teladan serta lain-lain.

"Doorprize terdiri 2 kategori, yang pertama pinjaman sebesar Rp 3 juta sampai Rp 19 juta, dan pinjaman Rp 20 juta sampai dengan Rp 60 juta," jelasnya.

Sementara itu, Pendamping Desa Ekonomi (PDE) Desa Pangkalan Jambi, Raja Savika Rezki S.Sos menyampaikan, masyarakat disini sangat tinggi partisipasinya, kerana serius atau betul-betul didalam pemanfaatan.

"Pendapatan hadiah Gebyar ini merupakan hasil dari partisipasi masyarakat yang membayar angsuran tepat waktu, apalagi di Desa Pangkalan jambi ini lumayan banyak memiliki pemanfaat teladan," terang Raja Savika.

Lebih lanjut, Ia berharap di tahun berikutnya lebih meningkat lagi, karena dengan semakin banyak pemanfaatnya teladan otomatis akan menambah PAD yang terbesar di Unit USP ini dan menoreh prestasi di Kecamatan Bukit Batu maupun di Kabupaten Bengkalis.

"Khususnya pemanfaat, gunakanlah dana USP dengan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha agar dapat meningkatkan pendapatan dan tercapainya kesejahteraan masyarakat,"pintanya.

Untuk itu, masyarakat yang belum meminjam silahkan masukan permohonan dan manfaatkan dana yang ada di USP sebagai peluang untuk membangun atau mengembangkan usaha dengan sebaik-baiknya dan tepat pada sasaran dengan kata lain tidak disalah gunakan.


Turut Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bukit Batu, Jundi Mustari, Korcam, Pak Lurah, Babinsa, Babinkamtipmas, Ibuk PKK Desa, BPD, Direktur Bumdes, Pengurus Unit, Aparatur Desa, dan Peserta Pemanfaat.