Ahli Jawatan Malaysia Kunjungi Desa Sepahat

Ahli Jawatan Kampung Malaysia Kunjungi Desa Sepahat



RiauBerdaulat.com,BUKITBATU - Sekitar 19 orang anggota Ahli Jawatan Kampung (AJK) Sungai Sireh Selangor Malaysia, Selasa (21/03/2017) melakukan kunjungan ke Desa Sepahat Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Kunjungan ini dalam rangka membagi ilmu terhadap masyarakat terkait program Tinggal Kampung yang telah sukses dibuat AJK.

Rombongan disambut langsung oleh Camat Bukit Batu, Pj KAdes Sepahat, UPIKA dan Anggota DPRD Bengkalis Aisah.

Mohd. Ruzi ahli jawatan dari Desa Tanjung Karang Selangor Malaysia berharap kunjungan ke Desa Sepahat ini dalam rangka mempererat silaturahmi dan saling membagi ilmu terkait sejumlah program kemasyarakat, salah satunya Tinggal Kampung yang telah sukses dilaksnakan di Negeri Jiran Malaysia

"Daerah kami dengan Sepahat hampir memilki kultur daerah yang sama, hendaknya dalam kunjungan ini bisa saling mebangi ilmu yang nanti bisa diterapkan disini," ujar Mohd. Ruzi.

Sementara itu Camat Bukit Batu Reza Novirendra mengatakan bahwa kunjungan dari rombomgan AJK Malaysia ini ke Desa Sepahat dalam rangka mempromosikan program Tinggal Kampung yang telah berhasil mereka kembangkan agar bisa diterapkan di Desa Sepahat, hal ini juga didasari dengan kultur daerah yang hampir sama, diantaranya lahan gambut, perkampungan dan juga pantai.

"Tinggal kampung ini maksudnya masyarakat perkotaan untuk mengisi liburan tinggal ditempat perkampungan dan sejumlah fasilitas sudah tersedia, baik homestaynya, fasilitas pantai dilengkapi dengan sejumlah permainan, namun suasana yang diciptakan masih suasan perkampungan," jelas Camat.

Selain itu mereka juga memberikan ilmu terhadap pengelolaan lahan gambut dengan nama Sahabat Hutan Gambut, dimana hutan gambut tersebut mereka olah dijadikan lokasi untuk wisata, serta kerajinan tradisional dan untuk pembiayan didaptkan dari masyarakat tempatan itu sendiri.

"Potensi tersebut dikembangkan didaerah ini, namun harus didukung oleh semua pihak terutama masyarakat tempatan," harap camat.(JHON)