Alfansuri: Pinjaman Dana Desa Untuk Mendorong Produktivitas Masyarakat
Alfansuri,ST.M.Sc

Alfansuri: Pinjaman Dana Desa Untuk Mendorong Produktivitas Masyarakat

Laporan : Sapri Bengkalis

 

RiauBerdaulat.com,BENGKALIS -- Kalangan Akademisi di Bengkalis mulai angkat bicara untuk mendorong perubahan pola pikir dan pola ekonomi masyarakat Negeri Junjungan, itu dimaksudkan agar masyarakat tidak sepenuhnya bergantung kepada APBD.

Hal itu seperti yang disampaikan salah seorang Akademisi Kabupaten Bengkalis AlfansuriST.M.Sc,  Menurutnya, dengan menyalahkan dan menyudutkan Bupati Bengkalis maupun Pemerintah Kabupaten di sosial media, terkait permasalahan ekonomi daerah sangatlah tidak patut dilakukan.


Menurutnya banyak cara yang bijak untuk memberikan masukan atau kritikan kepada pemerintah. Salah satunya dengan melakukan action positif dengan mengajak masyarakat untuk tidak berharap sepenuhnya dengan dana APBD. 

''Menyudutkan dan menyalahkan adalah tindakan yang tidak patut, apalagi di media sosial. Lakukanlah kritikan yang membangun dengan cara mengajak masyarakat agar tidak berharap penuh dengan APBD,'' ujar Alfansuri pria yang sehari-sehari menjabat sebagai Ketua Akademi Komunitas Negeri (AKN) ini.

Tentang keluhan dana desa yang tak bisa cair yang menyebabkan merosotnya ekonomi masyarakat desa, menurut Alfan Suri itu juga tidak berdasar. Menurutnya dana desa bukan dipergunakan untuk kebutuhan konsumtif masyarakat, namun untuk kebutuhan produktif masyarakat.

''Itu pola yang salah. Pinjaman dana desa bukan untuk kebutuhan konsumtif masyarakat. Itu untuk kebutuhan produktif, sangat salah pemahamannya,'' ujarnya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan kosong untuk di pergunakan buat mendatangkan penghasilan masyarakat. Bisa saja untuk bercocok tanam dan lain sebagainya guna mendatangkan penghasilan sampingan, sehingga masyarakat tidak mengharap penuh dengan dana APBD atau dana desa.

Lebih lanjut, selaku akadimisi, pihaknya juga akan melakukan penelitian untuk mencari peluang dengan memanfaatkan lahan kosong yang cocok bagi masyarakat Bengkalis. Semoga kedepan, penelitiannya berhasil dan membantu masyarakat Bengkalis untuk memanfaatkan lahan kosong guna menaikkan taraf ekonomi masyarakat Bengkalis.

''Untuk itu, kita selaku akademisi akan melakukan penelitian untuk pemanfaatan lahan kosong bagi masyarakat. Semoga kita akan berhasil dan dapat meringankan beban Pemkab Bengkalis dan masyarakatnya,''tutup Alfansuri.