Masyarakat tumpah ruah di lapangan WTP Desa Pakning Asal menyaksikan perlombaan permainan rakyat sempena HUT RI ke 74

Berbagai Permainan dan Perlombaan Rakyat Meriahkan HUT RI ke 74 di Desa Pakning Asal

Laporan : Erwin Riau El Malay

PAKNING ASAL - Berbagai permainan tradisional rakyat dilombakan untuk memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) di Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan yang ditaja oleh Pemerintah Desa Pakning Asal itu dipusatkan di Lapangan Terbuka Sebelah WTP Pertamina Jalan Sudirman, Minggu (18/8/2019).

Pantauan Media ini berbagai permainan rakyat yang dilombakan dan disaksikan ribuan pasang mata masyarakat setempat itu antara lain, panjat pinang, lomba kukur dan belah kelapa, lomba menimba air, lombat guni, dan berbagai jenis permainan yang menarik lainnya.

Kepala Desa Pakning Asal Jaswir dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Peringatan HUT Kemerdekaan RI ini diramaikan dengan berbagai jenis perlombaan permainan yang sudah disiapkan. 

“Kita ingin menggairahkan lagi permainan dan lomba lama yang filosofinya luar biasa, yakni semangat gotong royong dan kerja sama antar masyarakat," ujar Jaswir.

Menurut Jaswir, selain menyambut HUT RI, kegiatan ini juga sebagai upaya melestarikan kebudayaan dan permainan tradisional. Pemdes Pakning Asal ingin menunjukan bahwa permainan tradisional tidak kalah menariknya jika dibandingkan permainan modern. 

Jas berharap melalui berbagai event ini, permainan rakyat semakin membudaya. Kalau sudah jadi budaya kemudian masyrakatnya rajin bekerjasama tentu produktivitas semakin meningkat dan ekonomi juga akan meningkat. 

“Permainan tradisional terdahulu jangan sampai hilang, harus kita lestarikan dari generasi ke generasi,” pungkas Kepala Desa yang akrab disapa Jaswir Soneta ini.