Bupati Bengkalis Amril Mukminin

Bupati Amril Instruksikan Camat dan Aparatur Desa Berikan Pelayanan Prima

Laporan : Erwin 

RiauBerdaulat.com,BENGKALIS - Bupati Bengkalis Amril Mukminin menginstruksikan kepada Camat, Kepala Desa/Lurah dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan prima terhadap publik, mengingat ini penting sebagai upaya dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin, saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Desa/Lurah, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Camat se-Kabupaten Bengkalis, Rabu 22 November 2017 di lantai IV Kantor Bupati Bengkalis.

Amril mengatakan, terkait dengan upaya peningkatan pelayanan publik dan upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel, perlu kami tekankan agar unsur Pemerintahan Desa, Kelurahan dan Kecamatan untuk memperhatikan masalah tersebut. Saat ini tuntutan masyarakat sangat besar terhadap pelayanan prima yang transparan dan akuntabel. Terlebih saat ini, Desa di Kabupaten Bengkalis bisa dikatakan sebagai Desa miliarder.

“Artinya, setiap Desa memiliki dana miliyaran rupiah yang terdiri dari Alokasi Dana Desa (ADD), dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah, serta dana Percepatan Pembangunan Penyediaan Infrastruktur Desa (P3ID). Tersedianya dana yang besar di Desa, hendaknya menjadi sebuah pemicu bagi aparatur Pemerintah Desa untuk memberikan pelayanan prima,” kata Amril.

Dikatakan orang nomor satu Bengkalis lebih lanjut, Perlu diingatkan juga, besarnya dana yang dikelola di Desa, jika tidak dikelola dengan baik, dikhawatirkan akan menjadi jebakan bagi seorang Kepala Desa. Apalagi, jika Kepala Desa maupun aparatur pemerintahan desa tergiur untuk memanfaatkannya tidak sesuai dengan alokasinya.

“Kami minta kepada Kepala Desa/Lurah untuk lebih teliti dan jeli dalam melaksanakan setiap kegiatan. Hal ini penting, agar program strategis yang dilaksanakan di Desa dan Kelurahan, dapat berjalan lancar, dan benar-benar bermanfaat,”ujar Amril.

Sambung Bupati, berbagai isu aktual yang harus menjadi perhatian serius untuk semua pihak, baik itu di tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten, meliputi berbagai hal,seperti, program pembangunan berkelanjutan Kabupaten Bengkalis di masa yang akan datang, peningkatan kualitas pelayanan publik, termasuk juga persiapan menghadapi pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada tahun 2018 mendatang.

Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Gubenur Riau Arsyadjuliandi Rachman, turut menghadiri pada acara tersebut, Wakil Ketua DPRD H Indra Gunawan Eet, Plt Sekda Bengkalis H Arianto, Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni, Kepala Pengadilan Negeri Bengkalis Sutarno, dan sejumlah Kepala SOPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis