Bupati Bengkalis Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018
Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama sejumlah Kepala Daerah saat mengikuti Rakernas Keuangan Pemerintah tahun 2018

Bupati Bengkalis Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018

Laporan : Erwin
 
JAKARTA - Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Kamis (20/9) pagi, mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2018, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta.

Saat itu, Bupati Bengkalis juga didampingi oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bengkalis Aulia, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Alfakhrurrazi, Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Bengkalis Muhammad Fadhli

Rakernas yang mengusung tema, ‘pengelolaan keuangan negara yang sehat untuk Indonesia yang kuat’ tersebut, diikuti oleh Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI) Sri Mulyani Indrawati, langsung membuka Rakernas tersebut yang ditandai dengan pemukulan gong.

Turut hadir pada Rakernas tersebut, oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Pusat, Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia.

Pada kesempatan itu, Menkeu RI memberikan apresiasi terhadap kualitas laporan keuangan baik pada kementerian,lembaga dan pemerintah daerah

“Artinya setiap instansi telah memiliki komitmen untuk terus meningkatkan transparansi dan laporan keuangan dari laporan keuangan,” ucap Sri Mulyani.

Selain itu, dia mengajak seluruh peserta bagaimana caranya laporan keuangan dari pusat ke daerah bisa menjadi batu pijakan untuk meningkatkan tata kelola dan meminimalisir praktek korupsi.

“Mari kita tata kelola pemerintahan yang bersih tanpa ada praktek korupsi,” ujarnya.


Sementara itu, Bupati Bengkalis usai mengikuti Rakernas tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen keuangan negara untuk mendukung pembangunan menuju Indonesia yang sejahtera serta untuk meningkatkan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Selain itu, kegiatan Rakernas ini juga berupaya untuk berupaya kegiatan Rakernas ini berupaya untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparasi pengelolaan keuangan pemerintah untuk kemajuan dan mensejahterakan Indonesia dan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan itu berharap hasil Rakernas ini nantinya bisa menjadi penunjang untuk kesejahteraan masyarakat, dengan akuntabilitas dan transparansi setiap pengelolaan keuangan dan daerah.

“Melalui kegiatan ini juga, kita dapat mengetahui lebih jauh pengelolaan dan manajemen efisiensi serta efektifitas pengelolaan keuangan daerah sebagai wujud mendukung tata kelola pemerintah yang baik serta mensupport segala kebijakan dari pusat untuk memajukan dan memakmurkan Indonesia,” ujar Kepala Daerah Bengkalis.