Desa Pakning Asal Wakili Kecamatan Bukit Batu pada Lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat 2018
Kepala Desa Pakning Asal Jaswir memberikan presentasi di hadapan tim penilai BBGRM tingkat Kabupaten Bengkalis 2018, Jumat (23/3/2018)

Desa Pakning Asal Wakili Kecamatan Bukit Batu pada Lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat 2018

Laporan : Erwin

 

RIAUBERDAULAT.COM,SUNGAIPAKNING – Pemerintah Kabupaten Bengkalis saat ini sedang melaksanakan Lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2018, peserta terdiri satu desa yang terpilih untuk mewakili kecamatannya masing – masing.

Untuk kecamatan Bukit Batu, Desa Pakning Asal terpilih sebagai yang terbaik dan menjadi perwakilan untuk melaju ke tingkat Kabupaten Bengkalis.

Pantauan media ini, Jumat (23/3/2018) Tim penilai BBGRM turun ke desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu untuk melakukan penilaian. Tim penilai terdiri dari lintas SKPD antara lain Edlin dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkalis, Syarifuddin dari Satpol PP Bengkalis, Junaidi dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Bengkalis dan Efriyana Dewi dari Dinas Kesehatan (Diskes) Bengkalis.

Tim penilai disambut dengan hangat oleh Kepala Desa Pakning Asal Jaswir dan jajaran Aparatur Desa, BPD Pakning Asal, TP PKK Desa, LAMR Desa, Perwakilan Camat Bukit Batu, UPIKA Bukit Batu beserta ratusan masyarakat di Kantor Desa Pakning Asal. Jalan Sukajadi Ujung.

Dalam sambutannya Edlin mengatakan lomba BBGRM ini sebagai upaya untuk menjaga kebudayaan serta upaya meningkatkan motivasi masayarakat dalam bergotong-royong yang bersifat swadaya.

“Desa Pakning Asal ini merupakan desa terbaik dalam pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat tingkat Kecamatan Bukit Batu. Sehingga berhak mengikuti lomba BBGRM tingkat Kabupaten Bengkalis,” kata Edlin

 Dikatakannya ada 4 hal yang menjadi penilaian timnya, yaitu bidang kemasyarakatan, bidang Lingkungan, Bidang Ekonomi serta Sosial Budaya serta Agama.

"Kita berupaya agar masyarakat gencar membangkitkan gotong royong ini, yang mungkin dinilai sudah hampir punah. Setelah dilakukan penilaian kepada semua peserta nanti, akan diumumkan pemenang. Juara utama selain mendapat hadiah puluhan juta rupiah, desanya juga akan mewakili Kabupaten Bengkalis dalam perlombaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ditingkat Provinsi Riau dan Nasional nantinya," tuturnya.

 

Sementara itu Kepala Desa Pakning Asal Jaswir dalam presentasinya memaparkan bahwa masyarakat desa Pakning Asal memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya gotong royong demi menjaga kebersihan lingkungan. Jaswir juga menunjukkan bukti dalam bentuk video audio visual kegiatan masyarakat Desa Pakning Asal dalam bergotong royong di setiap dusun.

“Alhamdulillah desa Pakning Asal ini terpilih untuk mewakili Kecamatan Bukit Batu, itu berkat masyarakat kami yang kompak, sehingga di saat bergotong royong ratusan warga turun saling bahu – membahu. Bahkan warga kami juga rela menyumbang makanan dan minuman saat gotong royong berlangsung,” kata Jaswir.

Selain melihat profil desa, Tim Penilai BBGRM juga melakukan wawancara serta memberikan questioner kepada perangkat maupun masyarakat desa Pakning Asal, untuk mengumpulkan data – data yang akan dinilai di tingkat Kabupaten Bengkalis.