Dihadiri 175 Anggota, Koperasi BBDM Gelar RAK Sesuai Rekomendasi Pemkab Bengkalis
Ratusan anggota Koperasi BBDM antusias mengikuti RAK di Gedung Serba Guna Bujang Kelana Sungai Pakning

Dihadiri 175 Anggota, Koperasi BBDM Gelar RAK Sesuai Rekomendasi Pemkab Bengkalis

Laporan : Andhika dan Jhon Hendri


SUNGAIPAKNING – Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) dibawah kepemimpinan Haji Ismail, Sabtu (15/12/2018) menggelar Rapat Anggota Kusus (RAK) di Gedung Serba Guna Bujang Kelana Sungai Pakning.

Sebagai informasi sesuai dengan Undang – Undang  Koperasi bahwa Rapat anggota khusus adalah rapat yang diselenggarakan oleh Koperasi untuk membahas masalah yang diselenggarakan oleh Koperasi untuk membahas berbagai masalah yang sifatnya sangat mendasar baik menyangkut Badan Hukum Koperasi, AD/ART, pendirian dan lainnya. 
 
Pantauan media ini hadir dalam RAK Koperasi BBDM tersebut Ketua Haji Ismail dan jajaran pengurus, Ketua Panitia Pelaksana Sulaiman, Kuasa Hukum Koperasi BBDM Agus Septima, SH.MH, Perwakilan Camat Bukit Batu, Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkalis serta 175 anggota yang terdaftar.

Ketua Koperasi BBDM Haji Ismail dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa salah satu tujuan RAK tersebut adalah dalam membahas tentang keabsahan anggota dan juga pendiri, sesuai dengan UU Nomor 17 tahun 2012 tentang perkoperasian pasal 39 tentang keabsahan pendiri dan pasal 12 syarat syarat menjadi pengurus koperasi.


"Pada perubahan atas pasal 39 dan pasal 12 tersebut menyatakan bahwa untuk menjadi pengurus koperasi tidak bisa semena – mena atau main catut saja. Menjadi pengurus koperasi itu minimal sudah menjadi anggota selama dua tahun, dan pada aperubahan pasal 39 dan 12  diberi kelonggaran menjadi minimal satu tahun harus terdaftar sebagai anggota," ungkap Haji Ismail.


Diutarakan Ismail bahwa pada persoalan Koperasi BBDM yang dipimpinnya tidak ada istilah dualism, karena  menjadi pengurus koperasi itu minimal sudah satu tahun terdaftar sebagai anggota koperasi BBDM, sedangkan ketika Koperasi BBDM dalam masa pembubaran apapun kegiatan maupun tindakan yang dilakukan oleh pihak manapun yang mengatasnamakan koperasi di anggap tidak sah,  yakni ilegal.


“Jadi kesimpulannya sesuai dengan rekomendasi pemerintah kabupaten Bengkalis pada rapat di kantor Bupati belum lama ini, bahwa data pendiri, dokumen maupun anggota awal Koperasi BBDM yang sah masih bersama dengan kita. Adapun jumlah anggota yang terdaftar di Koperasi Bukit Batu Darul makmur berjumlah 210 orang, dan hari ini Alhamdulillah mayoritasnya hadir yakni sebanyak 175 orang.” Pungkasnya.


Sementara itu Ketua Panitia RAK Koperasi BBDM Sulaiman mengatakan bahwa pihaknya sudah mengundang pihak yang mengatasnamakan koperasi Darul makmur untuk hadir menyelesaikan persoalan persoalan yang akhir – akhir ini mencuat, namun mereka menolak untuk hadir.

"Penolakan tersebut kita terjemahkan bahwa mereka tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan masalah dengan duduk bersama untuk masyarakat ramai," tandas Sulaiman. 

Sulaiman juga memaparkan terkait perubahan atas pasal 39 dan pasal 12 yang berbunyi antara lain pada pasal 39  pertama pendiri harus mengajukan permohonan tertulis dengan mengisi formulir, kedua pengurus akan mempertimbangkan permohonan tersebut, ketiga permohonan yang diterima segera didaftarkan dalam buku daftar anggota, dan keempat apabila permohonan ditolak oleh pengurus  pemohon dapat meminta pertimbangkan pada rapat anggota berikutnya.


"Bagi saudara - saudara yang ingin merujuk kembali kepada Koperasi Bukit Batu Darul Makmur di bawah kepemimpinan Haji Ismail, masih kami terima, namun dengan catatan memang sudah terinvatirisir di KPA sesuai yang dilakukan kepengurusan Haji Ismail sejak 2009 lalu, jadi bukan main terima orang baru itu tidak sah, dan hal itu sudah disepakati pihak Pemkab Bengkalis maupun perusahaan PT SDA," jelasnya.

Sulaiman mengatakan jika tidak ada halangan, pada hari senin (17/12/2018) mendatang pihaknya akan mengajukan hasil  Rapat Anggota Khusus(RAK) ini ke Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Koperasi dan UMKM, dan ditargetkan pada bulan Januari 2019 akan melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT)

Kuasa Hukum Koperasi Bukit Batu Darul Makmur, Agus Septima, SH.MH, dalam kesempatan itu juga menegaskan bahwa dokumen awal yang ada bersama kepengurusan Haji Ismail adalah fakta hukum yang sah dan meyakinkan, serta tidak bisa diambil alih begitu saja oleh pihak manapun.
 
Agus juga menegaskan bahwa di dalam sebuah forum tidak boleh membuat forum baru atau forum tandingan.

“Jika ada forum baru, itu berarti mengcover dan itu tidak sah, bisa digugat secara hukum. Jadi tidak boleh menggelar forum di dalam forum, apalagi dengan semena – mena dan sepihak," ungkap Agus Septima, SH.MH, pengacara muda ini sembari menegaskan akan terus mendampingi dan memberikan bantuan hukum bersama rekan – rekan pengacaranya kepada Koperasi BBDM yang diketuai Haji Ismail.