Disdalduk KB Bengkalis Sukses Gelar Sosialisasi Forum Masyarakat dan Pertemuan Pokja Kampung KB
Forum Masyarakat dan Pengurus Pokja Kampung KB Pakning Asal foto bersama dengan Perwakilan Disdalduk KB Bengkalis, Kamis (26/4/2018)

Disdalduk KB Bengkalis Sukses Gelar Sosialisasi Forum Masyarakat dan Pertemuan Pokja Kampung KB

Laporan : Erwin
 

Di Desa Pakning Asal dan Tanjung Leban

SUNGAIPAKNING – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kabupaten Bengkalis Kamis (26/4/2018), sukses menggelar sosialisasi Forum Masyarakat dan Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB di Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu dan Desa Tanjung Leban Kecamatan Bandar Laksamana.

Di Desa Pakning Asal pertemuan dan sosialisasi berlangsung di aula Kantor Desa dengan dihadiri Perwakilan Disdalduk KB Bengkalis Drs. Akmal Mahmudi, Kasi Penyuluhan dan Pendayagunaan PLKB dan Kader KB Deffy May Ayu,SKM, PLKB Kecamatan Bukit Batu Ns, Dilla Rahwuni,S.Kep.

Terlihat juga hadir Perwakilan Camat Bukit Batu Meyrina, Kepala Desa Pakning Asal Jaswir dan perangkatnya, Pengurus TP PKK Kecamatan dan Desa, pengurus BPD, Kepala Korwil Pendidikan Bukit Batu, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Sementara di Desa Tanjung Leban pertemuan dihadiri oleh Perwakilan Disdalduk KB Maria Lafina,SS.M.Pd,  Resmauli Lumban Gaol,SH, PLKB Kecamatan Bukit Batu Tri Kurnia, S.Hum, Plt Camat Bandar Laksamana Afrizal, M.Si, Pj Kepala Desa Tanjung Leban Acil Esyno,SSTP.M.Si dan jajarannya,  TP PKK Kecamatan Bandar Laksamana dan TP PKK Desa Tanjung Leban, Pengurus BPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Pantauan media ini baik di desa Pakning Asal maupun desa Tanjung Leban, kegiatan tersebut diisi dengan pertemuan forum masyarakat yang diisi dengan penyampaian materi tentang cakupan dan capaian yang disampaikan oleh perwakilan UPT Puskesmas setempat, dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang  Kampung KB dan pengelolaannya yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Disdalduk Bengkalis.

Acara juga dilanjutkan dengan pertemuan pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB, yang diisi dengan penjelasan tentang pengurus Pokja kampung KB oleh perwakilan Disdalduk KB Bengkalis, selanjutnya Kepala Desa memimpin rapat pembentukan Pokja Kampung KB.

Kasi Penyuluhan dan Pendayagunaan PLKB dan Kader KB Disdalduk KB Bengkalis Deffy May Ayu,SKM mengatakan bahwa sosialisasi Forum Masyarakat dan Pertemuan Pokja Kampung KB ini bertujuan untuk menggerakkan peran serta masyarakat melalui penguatan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Bengkalis.

“Pemkab Bengkalis melalui keputusan Bupati pada tahun lalu telah menetapkan 11 desa se Kabupaten Bengkalis sebagai Kampung KB, untuk menindaklanjuti hal itu maka Disdalduk KB ditugaskan untuk memfasilitasi pembentukan, pengelolaan dan pembinaannya. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan pertemuan forum masyarakat tingkat desa Kampung KB serta Pertemuan Pokja Kampung KB ini,” jelas Ayu.

Sementara itu Kepala Desa Pakning Asal Jaswir menyatakan antusiasnya untuk mensukseskan program Kampung KB di desa yang dipimpinnya.

“Alhamdulillah kita bersyukur ditunjuk sebagai salah satu dari 11 desa se Kabupaten Bengkalis menjadi Kampung KB, tentunya Pemdes Pakning Asal akan berupaya seoptimal mungkin untuk ikut mensukseskan program – programnya ke depan, baik melalui Pokja Kampung KB yang sudah terbentuk maupun melalui pemerintah desa,” tutur Jaswir.