Disdik Bengkalis Gelar Sosialisasi Dapodik 2017 Perdana di Bantan
Plt Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis, Edi Sakura memimpin Sosialisasi Dapodik 2017 di Kecamatan Bantan, Rabu (22/2/2017)

Disdik Bengkalis Gelar Sosialisasi Dapodik 2017 Perdana di Bantan

RiauBerdaulat.com,BANTAN -- Seiring telah masuknya semester Genap Tahun  Ajaran (TA)  2016/2017 yang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah me-release aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang di beri nama " Dapodik 2017 ".

Sehubungan dengan hal itu Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Rabu (22/2/2017) mulai melakukan sosialisasi di Kecamatan Bantan terkait telah di releasenya Aplikasi Dapodik 2017 tersebut, yang mana pada aplikasi ter-anyar ini masih banyak operator sekolah yang merasa kesulitan dalam memperbaharui data sekolah mereka di karenakan adanya beberapa perbedaan dan pembaharuan pada aplikasi sebelumnya.

 

Kegiatan Sosialisasi dan Updating Data Pokok Pendidikan ini secara perdana dilaksanakan di kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Bantan dengan dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura MPd, Kabid Ketenagaan M Rasyid, kasi ketenagaan SD Muri, kasi pembinaan ketenagaan SMP Musadil, Kasubag Program Somat, perwakilan Inspektorat kabupaten Bengkalis, Kepala sekolah SD SMP Bengkalis – Bantan, dan juga diikuti oleh seluruh operator sekolah dari jenjang SD dan SMP se Kecamatan Bantan.

 

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura langsung membuka kegiatan tersebut, yang dalam kata sambutannya mengatakan operator sekolah merupakan ujung tombak pendataan di sekolah, operator sekolah berperan penting dalam pendataan di sekolah, dan dalam melakukan pekerjaannya operator sekolah di bantu oleh seluruh perangkat dan stake holder yang ada di sekolah untuk dapat selalu melakukan pembaharuan data di sekolah masing-masing.

Edi juga menyampaikan akan berusaha meningkatkan honor para operator mengingat tugas mereka yang cukup berat. 

 

"Sehebat apapun kepala sekolah tak  akan nampak kinerjanya tanpa operator, karena data yang tampak dipusat itu berkat kerja keras operator, dan hal tersebut harus kita hargai," ungkap Edi Sakura.

 

Dikatakan pria berkumis tebal ini Dapodik merupakan urat nadi sekolah, dimana di dalam Dapodik semua pendataan peserta didik, PTK, Sarpras, dan data lainnya yang berhubungan dengan semua kebijakan yang di keluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Aneka Tunjangan Guru, bantuan Sarana dan Prasarana, data peserta UN, dan lainnya diambil dari Dapodik.(RBE)