Disdik Bengkalis Gelar Sosialisasi Kemitraan IGTKI, GOPTKI dan HIMPAUDI
Foto : Plt Kepala Disdik Bengkalis bersama sejumlah pejabat menyanyikan lagu Indonesia Raya

Disdik Bengkalis Gelar Sosialisasi Kemitraan IGTKI, GOPTKI dan HIMPAUDI

Laporan : Erwin
 

BENGKALIS, - Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis menggelar Sosialisasi Kemitraan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI), Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) dan Forum PAUD Kabupaten Bengkalis.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Bupati Bengkalis, melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bengkalis, H Heri Indra Putra, Selasa (9/10) di Balai Kerapatan Adat Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis.

Dalam sambutannya H Heri mengatakan sosialisasi ini merupakan upaya meningkatkan pemahaman akan tugas dan fungsinya dalam peningkatan pemberdayaan organisasi serta mewujudkan pengelola, tenaga pendidik dan anak didik yang lebih berkualitas di Kabupaten Bengkalis.

“Menyadari akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini, maka kerjasama semua pihak perlu dibangun dan dikembangkan termasuk Bunda PAUD, organisasi mitra PAUD, orang tua, pemerintah daerah dan juga legislatif yang dapat berperan langsung sebagai sumber, pelaksana dan pengguna hasil pendidikan,” kata Heri.

Karena lanjutnya lagi, pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya kita bersama dalam melakukan pembinaan kepada anak sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilaksanakan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Selain itu, tambahnya Heri, peranan kelembagaan pendidikan sangat penting dalam memberikan fungsi bimbingan moral pada anak, karena dunia pendidikan mempunyai mandat luhur dari para orang tua untuk memberikan pendidikan yang baik bagi anak didiknya.

“Untuk itu sampai saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis terus berupaya meningkatkan angka partisipasi kasar PAUD serta berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan setiap lembaga pendidikan dengan berbagai kebijakan serta strategi yang dijalankan,”terang Heri.

Kemudian sebagai mitra Pemerintah Daerah, untuk dapat meningkatkan peran sertanya dalam menyiapkan generasi bangsa yang sehat, cerdas, berkualitas, kreatif dan inovatif dalam membangun generasi emas di masa datang.

“Kami berharap Bunda PAUD serta ketua organisasi mitra yang telah dilantik hari ini dapat memberi perhatian dan dukungan penuh bagi PAUD di wilayah masing-masing meskipun tidak mendapat tanda jasa apapun, demi menuju Kabupaten Bengkalis yang cemerlang kedepannya,” tutup Heri.