Kapolsek Siak Kecil Sunaryo saat mengarahkan personilnya melakukan penyemprotan di ruang UGD Puskesmas Lubuk Muda

Kapolsek Siak Kecil dan Koramil Lakukan Penyemprotan Disinfektan Menyeluruh di Puskesmas Lubuk Muda

Laporan : Erwin Siak Kecil
 
Tindak Lanjut Pemeriksaan 34 Tenaga Medis dan Non Medis Reaktif dan Dikarantina

SIAKKECIL - Jajaran Polsek Siak Kecil bersama Koramil 07 Bukit Batu, Kamis (14/05/2020) melakukan penyemprotan Disinfektan menyeluruh terhadap UPT Puskesmas Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis.

Aksi cepat tanggap yang digelar Polsek Siak Kecil dipimpin langsung oleh Kapolsek Siak Kecil Iptu Sunaryo,SH.MH bersama pihak Koramil 07 Bukit Batu, sebagai tindak lanjut dari hasil Rapid Test terhadap seluruh tenaga medis dan Non Medis yang didapati 34.orang berstatus Reaktif. Sehingga Dinas Kesehatan Bengkalis mengeluarkan surat penutupan sementara Puskesmas Lubuk Muda.

Sebelum melakukan penyemprotan Disinfektan menyeluruh tim dari Polsek, TNI dan Staf Puskesmas Lubuk Muda terlebih dahulu mendengarkan pengarahan dari Kapolsek Siak Kecil Iptu Sunaryo,SH.MH terhadap upaya antisipasi untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang datang untuk berobat.

"Demi mengembalikan rasa aman bagi masyarakat, maka kami dari Polsek Siak Kecil bersama TNI akan melakukan penyemprotan menyeluruh di UPT Puskesmas Lubuk Muda, mulai dari pekarangan luar sampai ke seluruh ruang dalam. Ini penting dilakukan sebagai langkah pencegahan, apalagi setelah 34 orang rekan - rekan kita yang bertugas disini sudah dinyatakan reaktif saat di Rapid Test

Kapolsek Siak Kecil juga mengatakan untuk sementara waktu UPT Puskesmas Lubuk Muda tidak beroperasi seperti biasa, karna para tenaga medis dan 3 orang dokter sedang menjalani karantina di Bengkalis. Namun demikian UPT Puskesmas Lubuk Muda ini bukan tutup total tetapi secara terbatas saja melayani sedangkan pelayanan yang darurat akan dirujuk ke Puskesmas terdekat seperti di Puskesmas Sungai Pakning Kec.Bukit Batu dan Puskesmas Sadar Jaya Kec.Siak Kecil," tambahnya.

Selain melakukan penyemprotan setiap pagi dan sore kata Sunaryo pihaknya mulai hari ini bersama TNI akan menempatkan personil pengamanan untuk berjaga di Puskesmas Lubuk Muda.

"Berdasarkan permintaan Koordinator Bidan dan rekan lainnya dari UPT Puskesmas Lubuk Muda, mulai hari ini hingga sampai waktu yang belum ditentukan, kami akan menempatkan personil pengamanan di Puskesmas Lubuk Muda, yakni dari Polsek Siak Kecil 2 personil dan dari TNI 1 personil  setiap hari. Itu untuk mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan terkait penerapan pelayanan terbatas di Puskesmas ini agar dapat berjalan sebagaimana mestinya." tutur Kapolsek Siak Kecil Iptu Sunaryo.

Sementara itu perwakilan Staf Puskesmas Lubuk Muda yang masih stand by di lokasi Sri Rahayu Sali, S.TR. Keb. dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada pihak Polsek dan TNI yang sangat cepat tanggap melakukan penyemprotan disinfektan.

"Terimakasih atas perhatian dan kerja cepat tanggap dari Polsek Siak Kecil yang dipimpin Bapak Sunaryo bersama Bapak Sutarman, sehingga dapat membantu kami di Puskesmas Lubuk Muda ini agar dapat tetap menjalankan tugas dengan aman dan nyaman meskipun dalam kondisi terbatas. Dalam kesempatan ini kami juga meminta dukungan dan doa kepada seluruh lapisan masyarakat, mudah - mudahan 34 orang rekan kami yang sedang dikarantina di Bengkalis hasil swabnya negatif, sehingga Puskesmas Lubuk Muda dapat kembali beroperasi dengan normal," tutup Sri Rahayu Sali.