Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bengkalis Buka O2SN dan FLS2N tingkat SD
Pembukaan O2SN dan FLS2N tingkat SD se Kecamatan Bengkalis tahun 2017

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bengkalis Buka O2SN dan FLS2N tingkat SD

Laporan : Oktavila Aderia Bengkalis

 

RiauBerdaulat.com,BENGKALIS - Sebanyak 185 siswa dari Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Bengkalis, Sabtu (01/04/2017) pagi mengikuti pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kecamatan Bengkalis 2017.

Pembukaan O2SN dan FLS2N tingkat kecamatan Bengkalis ini dibuka secara resmi oleh Kepala UPTD Pendidikan Bengkalis Muhammad Sidik dan dipusatkan di SD Komplek Kota Bengkalis.

Turut hadir diantaranya Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bengkalis Muhammad Sidik,  Ketua Pelaksana O2SN dan FLS2N tingkat Kecamatan Bengkalis 2017 Afandi, kepala sekolah dan guru beserta ratusan siswa-siswi yang menjadi peserta.

Dalam sambutannya kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bengkalis Muhammad Sidik menjelaskan bahwa ada penambahan cabang yang dipertandingkan dalam O2SN dan FLS2N di Bengkalis tahun ini yaitu Tahfidz Qur'an, menghafal ayat Al-Qur'an.

“Hal itu sebagai tindak lanjut dari program pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis yakni One  Day One Ayat’, sesuai janji Kadisdik untuk mencari bibit-bibit terbaik, mengingat yang terpilih nantinya akan mengikuti O2SN dan FLS2N tingkat kabupaten untuk seterusnya mewakli kabupaten ke provinsi maupun nasional.” Kata Sidik.

Lebih lanjut dikatakan Kepala UPTD Pendidikan Bengkalis bahwa kegiatan O2SN tingkat Sekolah Dasar ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga. Sedangkan Kegiatan FLS2N tingkat Sekolah Dasar bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik SD.

“Mari dorong para peserta anak didik kita untuk mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Di sisi lain kegiatan FLS2N diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya terutama dibidang seni dan budaya.” Tambahnya.

Sementara itu Ketua Panitia O2SN dan FLS2N tingkat SD Kecamatan Bengkalis 2017 Afandi mengatakan, ada 8 cabang yang dipertandingkan, untuk O2SN sebanyak 4 cabang diantaranya yaitu lomba atletik, bulutangkis, pencak silat, karate dan FLS2N sebanyak 4 cabang, diantaranya lomba menyanyi solo, seni tari, pantomim dan baca puisi.

“Sebagaimana yang telah disepakati sebelumnya, Kecamatan Bengkalis menambah satu cabang pertandingan yaitu Tahfidz Qur'an. Sementara jumlah peserta yang mengikuti perlombaan sebanyak 185 peserta dengan rincian 105 peserta O2SN dan 80 peserta FLS2N dari 60 SD se Kecamatan Bengkalis. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dimulai dari tanggal 01-04 April 2017.” Papar Affandi

Afandi juga menjelaskan, total biaya yang digunakan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp. 71 juta yang bersumber dari iuran dari seluru kepala SD.

"Sumber dana kegiatan O2SN dan FLS2N Kecamatan Bengkalis 2017 ini murni dari iuran Kepala SD se-Kecamatan Bengkalis sebanyak 60 sekolah," ungkap Afandi dalam laporannya.