Kontribusi BOB PT BSP - Pertamina Hulu untuk Bengkalis Dinilai Minim

Kontribusi BOB PT BSP - Pertamina Hulu untuk Bengkalis Dinilai Minim

RiauBerdaulat.com,SIAKKECIL -- Ratusan sumur minyak, dikelola Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP) Pertamina Hulu ternyata masuk dalam kawasan kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Atau tepatnya di Desa Langkat, Desa Sungai Nibung, Desa Sumber Jaya dan Desa Lubuk Gaung.

Banyaknya sumur milik BOB PT BSP yang berada di Kabupaten Bengkalis ini, membuat sejumlah elemen masyarakat, juga aktivis, maupun pemerintah Kecamatan Siak Kecil mulai mempertanyakan kontribusi untuk daerah.

Dikarena sejauh ini yang diberikan terbilang minim, baik dari ketenagakerjaan maupun kontribusi dalam bentuk program CSR.

"Ada lebih dari seratusan titik sumur minyak yang dikelola oleh pihak BOB PT BSP Pertamina Hulu, masuk dalam kawasan Kecamatan Siak Kecil. Tetapi kontribusi perusahaan milik Pemkab Siak itu dinilai masih minim untuk Bengkalis, patut dipertanyakan oleh masyarakat," ungkap Ketua Umum Aliansi Masyarakat Bukit Batu Siak Kecil (AMBUS) Syaiful Bahriandi, Jumat (6/1/2017)

Syaiful mengatakan, bahwa kontribusi dari BOB PT BSP Pertamina Hulu ke masyarakat Kecamatan Siak Kecil ini terbilang minim. Apalagi dalam halnya soal ketenagakerjaan yang umumnya karyawan pengambil kebijakan di BOB sebagian besarnya berasal orang Kabupaten Siak.

"Paling tidak ke depan, berharap BOB PT BSP bisa meminimalisir angka pengangguran di daerah kita ini. Khususnya ini Kecamatan Siak Kecil dan serta Kabupaten Bengkalis umumnya," tuturnya.

Pernyataan lebih keras diungkap Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Siak Kecil Aulian Fikri, Tokoh pemuda ini berkata, tentu mendesak BOB PT BSP Pertamina Hulu meningkatkan hal kontribusinya untuk masyarakat Kabupaten Bengkalis.

"Ratusan sumur minyak miliknya BOB PT BSP ternyata berada di Kabupaten Bengkalis, seharusnya ada sistim bagi hasil ini ransparan dalam segala hal. Selain itu harus ada rekruitmen khusus karyawan yang diperuntukkan masyarakat Siak Kecil dan serta di Kabupaten Bengkalis umumnya," terang Aulia.

Dikatakannya, jangan hanya bisa mengeksplorasi hasil bumi di Siak Kecil dengan tanpa memikirkanya Kesejahteraan masyarakat untuk setempat.(RBE)