Foto bersama usai penyerahan bantuan

Lagi, Pertamina RU II Sungai Pakning Salurkan Bantuan APD ke Puskesmas di Siak Kecil

Laporan : Erwin

 
SUNGAIPAKNING - Pertamina RU II Sungai Pakning terus menunjukkan kepeduliannya terhadap upaya global dalam memerangi Covid 19. Perusahaan BUMN di Sungai Pakning ini kembali menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) COVID-19 ke tenaga medis yang di Puskemas Sadar Jaya Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Rabu (15/4/2020).

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina dalam membantu pemutusan rantai penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia," ujar Manajer Produksi Pertamina RU II Sungai Pakning Rudi Hartono.

Ditambahkannya, bantuan Program Pertamina Peduli COVID-19 ini merupakan hasil kolaborasi antara perusahaan melalui dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina, sumbangan pekerja Pertamina RU II melalui Serikat Pekerja Kilang Minyak Puteri Tujuh (SP – KMPT). Serta dukungan dari Tim Pecinta Alam Pertamina (Patrapala) RU II.

Kepala UPT Puskesmas Sadar Jaya, dr. Rolas James menyampaikan ucapan terima kasih atas Program Pertamina Peduli COVID-19 yang diberikan ke Puskesmas Sadar Jaya.

"Kebutuhan APD dan masker medis saat ini sangat susah didapatkan dengan adanya APD ini bisa membantu tenaga medis, karena Puskesmas Sadar Jaya belum memiliki kelengkapan APD yang belum mencukupi pada saat ini," kata James.

Kepala Desa Sadar Jaya, Slamet Widodo mengungkapkan, meskipun bukan merupakan wilayah operasional perusahaan, Pertamina RU II Sungai Pakning telah mengupayakan peningkatan pelayanan kesehatan bagi puskesmas-puskesmas di daerah sekitar.

"Desa Sadar Jaya merupakan daerah rawan karena termasuk daerah dengan mobilitas keluar masuk TKI dari luar negeri yang tentunya membuat kondisi selama pandemi lebih rawan penyebarannya," kata Kades.

Camat Siak Kecil, M Fadlul Wajdi, S.STP, Msi, mengatakan bahwa pelayanan kesehatan di puskesmas yang berada di Siak Kecil terus ditingkatkan kesiagaannya untuk menghadapi wabah virus corona.

Ia memberikan apresiasi setinggi-tinggi nya untuk Pertamina Sungai Pakning yang telah membantu Puskesmas Sadar Jaya dan Puskesmas Lubuk Muda di Kecamatan Siak Kecil. Selain itu, Ia juga menghimbau agar masyarakat dapat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar dapat memutus rantai penyebaran pandemi covid-19.

"Dengan adanya Pertamina Peduli Covid-19, diharapkan tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang ada di sekitar wilayah perusahaan terbantu dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Kontribusi ini akan tetap dijaga untuk membantu masyarakat di bidang kesehatan,' kata Camat.

Penyerahan APD tersebut langsung diserahkan Manajer Produksi Pertamina RU II Sungai Pakning Rudi Hartono berupa Masker Medis, Cairan Hand Sanitizer, Thermo Scanner, Alat Penyemprot Desinfektan serta 1 Set Alat Pencuci Tangan kepada Kepala UPT Puskesmas Sadar Jaya, dr. Rolas James.