Manfaat Kegiatan TMMD Ke-108, Alhamdulillah Jalan Kami Jadi Bagus
Salah satu kegiatan TMMD di Kecamatan Bandar Laksamana

Manfaat Kegiatan TMMD Ke-108, Alhamdulillah Jalan Kami Jadi Bagus

BENGKALIS – Masyarakat  desa di Kecamatan Bandar  Laksamana yang menjadi  sasaran kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMDD) ke-108 sangat merasakan manfaat dari kegiatan tersebut. Salah satunya  adalah kegiatan pembangunan infrastruktur berupa semenisasi jalan-jalan  desa.

Diantara infrastruktur jalan kampung yang menjadi sasaran TMMD ini, meliputi Gang Kadiran sepanjang 117 meter x 3 meter dibangun secara gotong royong oleh masyarakat dan TNI dari Kodim 0303 Bengkalis.  Kegiatan serupa juga dilaksanakan berupa semenisasi Jalan Rumah Sawit Inap Dusun Meranti, Desa Tenggayun, ukuran 113 meter x 4 meter. Kemudian  Semenisasi bodi jalan di Gang Ekonomi Desa Temiang dengan ukuran  150 meter x 3 meter dan semenisasi Gang Ibrahim Desa Temiang, ukuran 117 meter x 3 meter.

“Alhamdulillah pak, kami sangat merasakan sekali dengan kehadiran TMMD ke-18 tahun 2020. Kami bergotong royong bangun jalan kampung, sehingga jalan di kampung kami jagi bagus,” ungkap Sapirin warga Desa Temiang, Kecamatan Bandar Laksamana, Selasa 14 Juli 2020. 

Dikatakan Sapirin, banyak manfaatkan yang diperoleh dari kegiatan TMMD, salah satunya program membangun akses transportasi. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif, yakni mempermudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitas harian dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan adanya TMMD ini dapat lebih memudahkan akses bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas kesehariannya, yang secara langsung akan dapat meningkatkan perekonomiannya, yang mana sebagian dari masyarakat bermata pencarian sebagai petani dapat dipermudah dalam urusan mengangkut serta memasarkan hasil pertaniannya" ujar Sapirin.

Senada diungkapkan Rendi warga Desa Tenggayun. Menurutnya, kehadiran TMMD di kampungnya, selain meningkatkan hubungan antara masyarakat dengan TNI, masyarakat dapat merasakan dampak positifnya.

“TNI dan masyarakat bergotong royong bangun jalan kampung. Kami sangat berterima kasih lah. Karena jalan kampung kami jadi bagus” ujar  Rendi.

Hal serupa disampaikan, Winardi, warga Desa Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana. Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Satgas TMMD, karena sudah banyak membantu untuk mensejahterakan masyarakat di desa kami pada masa pandemi virus Corona saat ini.

“Selain itu juga, akses jalan ini sangat dibutuhkan sekali bagi warga sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani” ungkapnya.

Sementara itu Kapten Inf. Tarman lagi, selain itu kegiatan TMMD ini juga berperan sebagai bentuk berkontribusi TNI dalam upaya membantu pemerintah guna percepatan pembangunan di pedesaan, dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat. "Kesigapan anggota terkihat dari sejak awal dimulainya program TMMD 108 di Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis. Tentunya kesigapan ini dapat memberi contoh kepada masyarakat yang ikut andil dan juga masyarakat sekitar lokasi pembangunan fisik untuk dicontoh ke depannya,"  ujarnya