Memperingati HUT RI Ke-75 FORGADA Gelar Upacara Bendera dan Penanaman Mangrove di Pangkalan Jambi

Memperingati HUT RI Ke-75 FORGADA Gelar Upacara Bendera dan Penanaman Mangrove di Pangkalan Jambi

 Laporan: Andhika

SUNGAI PAKNING- Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75, Forum Gambut Muda (FORGADA) Kecamatan Bukit Batu menggelar upacara bendera di pesisir desa Pangkalan Jambi serta penanaman mangrove bersama pada hari Senin (17/08/2020). 

Kegiatan upacara dan penanaman mangrove dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan, turut hadir Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, Anggota DPRD Bengkalis Febriza Luwu, Kepala Desa se-Kecamatan Bukit Batu, Danramil Kecamatan Bukit Batu, Kapolsek Kecamatan Bukit Batu dan puluhan undangan lainnya. 

Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, dan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta kepedulian bersama terutama generasi muda agar peduli terhadap lingkungan sekitar apalagi daerah pesisir yang sering terjadi abrasi. 

Informasi yang dirangkum media ini bahwa FORGADA merupakan kelompok binaan CSR PT Pertamina RU II Sungai Pakning yang beranggotakan anak-anak remaja, berpusat di kecamatan Bukit Batu dengan misi untuk menjadi pelopor dalam pelestarikan lingkungan sekitar di kecamatan Bukit Batu.
 
Pada kesempatan tersebut, Camat Bukit Batu, Taufik Hidayat mengatakan upacara bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 kali ini merupakan yang pertama dilaksanakan di atas laut, yaitu di Desa Pangkalan Jambi. 

"Kami diundang oleh anak-anak dari Forum Gambut Muda yang merupakan organisasi kepemudaan binaan CSR Pertamina Sungai Pakning. Senang, sekaligus bangga terhadap antusiasme masyarakat dalam momen yang sakral ini di mana pemerintah, perusahaan dan masyarakat desa dapat bersatu dalam menyambut hari kemerdekaan." sambut Camat Bukit Batu.

Taufik berharap agar Wisata Mangrove binaan CSR Pertamina Sungai Pakning ini dapat terus maju dan semakin diminati oleh masyarakat luas.

Setelah upacara bendera selesai, kemudian acara dilanjutkan dengan penanaman mangrove bersama FORGADA dan Karangtaruna Desa Pangkalan Jambi, diikuti arak-arakan bendera merah putih ke atas Menara Pandang Desa Pangkalan Jambi oleh Camat Bukit Batu didampingi Unsur Pimpinan Kecamatan (UPIKA) lainnya.

Aditya Marizky, Ketua Forum Gambut Muda (FORGADA) Bukit Batu menyambut hangat kehadiran Camat Bukit Batu beserta rombongan, dalam memeriahkan HUT RI di lokasi mangrove education Desa Pangkalan Jambi.

"Merupakan kehormatan bagi kami generasi muda di Bukit Batu yang tergabung dalam FORGADA, dapat menyelanggarakan peringatan 17 Agustus di Wisata Mangrove Desa Pangkalan Jambi khususnya di tengah laut. Kami berterima kasih kepada Pertamina RU II Sungai Pakning khususnya telah mendukung kegiatan ini. Serta tak lupa kami berterima kasih kepada pemerintah daerah setempat yang telah memberi dukungan kepada kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar," katanya.

Sebagai pelopor forum pemuda terhadap lingkungan, FORGADA mengajak masyarakat luas untuk dapat terus peduli pada lingkungan sekitar baik itu lingkungan gambut ataupun pesisir. (Andhika)