Foto : Mahasiswa dari Malaysia dan Filipina diterima oleh pimpinan Politeknik Negeri Bengkalis

Poltek Negeri Bengkalis Terima Mahasiswa Magang dari Malaysia dan Filipina

Laporan : Erwin

 

BENGKaLIS - Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) pekan lalu telah menerima empat mahasiswa asal Tarlac Agriculture University (Philippine) dan Politeknik Sultan Azlan Shah (Malaysia), melalui program SEA-TVET (South East Asia Technical Vocational Education and Training). 


SEA-TVET ini adalah program pertukaran pelajar mahasiswa - mahasiswa dari seluruh negara Asia Tenggara dan merupakan salah satu dari tujuh bidang prioritas untuk pendidikan di wilayah Asia Tenggara melalui SEAMEO (Southeast Asian Minister of Education Organisation).


Program SEA-TVET ini dimulai semenjak tahun 2015. Mahasiswa-mahasiswa yang melakukan pertukuran pelajar ke Politeknik Negeri Bengkalis ini adalah Chrisalleen D. Santiago dan Rizzacel D. Guerrero dari Tarlac Agriculture University -  Filipina Progam Studi Administrasi Bisnis, Nur Aliah Nasihah Azhar dan Nur Yumni Bazilah Abd Anif dari Politeknik Sultan Azlan Shah - Malaysia dari Program Studi Teknik Mesin. 


Polbeng sendiri telah melakukan kerjasama dengan Tarlac Agriculture University dan Politeknik Sultan Azlan Shah melalui Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) program. Pelaksanaan program SEA-TVET Internship Exchange Programme 3rd Batch in 2019 ini di mulai dari tanggal 7 Februari hingga 20 Maret 2019.


Program SEA-TVET Internship Exchange ini memiliki tujuan mempererat persahabatan di antara pemuda-pemudi dari negara-negara Asia Tenggara untuk melakukan pertukaran budaya antar sesama negara Asia Tenggara, meningkatkan wawasan global dan melakukan kunjungan industri.


"Kami berharap, keempat mahasiswa dari Tarlac Agriculture University dan Politeknik Sultan Azlan Shah ini dapat merasa bahagia dan nyaman selama melakukan kegiatan pertukaran mahasiswa di Politeknik Negeri Bengkalis," jelas Direktur Polbeng, Muhamad Milchan.


Keempat Mahasiswa Filipina dan Malaysia tersebut akan berada selama 5 hari ini di Politeknik Negeri Bengkalis dan akan diajak mengunjungi situs - situs budaya dan sejarah yang ada di pulau bengkalis dan sekitarnya untuk selanjutnya akan berkunjung ke PT. Indah Kiat di Perawang untuk melakukan program magang dan training.


Selain menerima kunjungan dari keempat orang mahasiswa Tarlac Agriculture University dan Politeknik Sultan Azlan Shah, Politeknik Negeri Bengkalis juga mengirimkan 6 orang mahasiswa perwakilan untuk melakukan pertukaran mahasiswa di Tarlac Agriculture University, Politeknik Sultan Azlan Shah dan Duy Tan University – Vietnam.


Sebagai informasi SEA-TVET Internship Exchange Programme sendiri pada tahun 2019 dilakukan oleh 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Terdapat 44 institusi di Indonesia, 3 institusi di Malaysia, 20 institusi di Filipina, 4 institusi di Thailand dan 1 institusi di Vietnam yang berkolaborasi untuk melakukan program ini.


Pada saat penyambutan keempat mahasiswa tersebut turut hadir pula Wadir II, Wadir III, Ketua Jurusan Mesin beserta dosen, Ketua Jurusan Administrasi Niaga beserta Dosen, Staff Karyawan dan Mahasiswa Polbeng.