Penyerahan Dana CD dari PT SPM dan BBHA kepada salah satu Kepala Desa disaksikan Camat Bukit Batu Taufik Hidayat dan Camat Bandar Laksamana Acil Esyno, Senin (30/3/2020).

PT SPM dan BBHA Serahkan Rp. 450 juta Dana CD ke 9 Desa Binaan di Bukit Batu dan Bandar Laksamana

Laporan : Erwin
 

BANDARLAKSAMANA - Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar konsensi, PT. Sakato Pratamo Makmur (SPM) dan PT. Bukit Batu Hutani Alam (BBHA) yang merupakan anak perusahaan dari Sinar Mas Forestry (SMF) Group, Senin (30/3/2020) menyerahkan bantuan dana Community Developmen (CD) sejumlah Rp. 450 juta kepada 9 Desa Binaan di Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis Riau.

Penyerahan dana CD tersebut di selenggarakan di Kantor Camat Bandar Laksamana dengan dihadiri oleh Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, SSTP. MBA Camat Bandar Laksamana Acil Esyno, SSTP. M.Si, Unsur Upika, Humas PT SPM Syaifuddin, Humas PT BBHA Herman beserta jajaran, dan 9 Kepala Desa Binaan penerima bantuan dana CD.

Penyerahan dana CD yang diperuntukkan bagi 9 desa dengan jumlah sebesar Rp 50 juta untuk masing - masing desa itu merupakan program tahunan yang dilaksanakan dua perusahaan ini.

Kepala Humas PT BBHA Herman menjelaskan bahwa rincian serah trima dana CD tanggal 30 Maret 2020 tersebut adalah sebagai berikut :

Dari  PT. BBHA sebesar Rp. 200.000.000,- diserahkan kepada desa bina sekitar konsensi yaitu 

1. Desa Tanjung Leban Kecamatan Bandar Laksamana Rp. 50.000.000,-

2. Desa Sepahat Kecamatan Bandar Laksamana Rp. 50.000.000,-

3. Desa Tenggayun Kecamatan Bandar Laksamana Rp. 50.000.000,-

4. Desa Parit 1 Api Api Kecamatan Bandar Laksamana Rp. 50.000.000,-

"Untuk PT BBHA kita menyalurkan dana CD kepada 4 Desa di Kecamatan Bandar Laksamana dengan total Rp. 200 juta," papar Herman.

Sementara itu Kepala Humas PT SPM Syafruddin memaparkan pihaknya menyalurkan dana CD sebesar Rp. 250.000.000,- untuk 5 Desa Binaan dengan rincian sebagai berikut :

1. Desa Temiang Kecamatan Bandar Laksamana Rp. 50.000.000,-

2. Desa Api - Api Kecamatan Bandar Laksamana Rp. 50.000.000,-

3. Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu Rp. 50.000.000,-

4. Desa Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu Rp. 50.000.000,-

5. Desa Buruk Bakul Kecamatan Bukit Batu Rp. 50.000.000,-

"Ini adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat di desa - desa sekitar konsensi PT SPM dan BBHA, semoga dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat ramai." tutur Syafruddin.
 
Camat Bandar Laksamana Acil Esyno dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terimakasihnya atas dana CD yang disalurkan kepada 6 desa yang ada di kecamatan yang dipimpinnya.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan PT SPM dan BBHA yang komit melaksanakan agenda tahunannya ini dengan baik dan konsisten, diharapkan dana CD untuk 6 desa di Kecamatan Bandar Laksamana ini bisa menunjang program pemberdayaan masyarakat di desa, termasuk dalam memerangi wabah corona yang terjadi saat ini. Kami berharap dana ini dapat dikelola dengan baik, dan dapat dirasakan masyarakat desa dalam jangka waktu yang panjang," harap Acil.

Hal yang sama disampaikan Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, SSTP. M.Si, dia berharap penyaluran dana CD dari PT SPM untuk 3 desa di wilayah Kecamatan Bukit Batu hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Pemerintah Desa.

"Terimakasih kepada PT SPM dan BBHA atas penyaluran dana CD kepada 3 desa konsesi yang berada di Kecamatan Bukit Batu, semoga dana itu benar - benar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Oleh sebab itu saya mengimbau kepada kepala desa agar dapat memenej peruntukan dana CD itu dengan baik dan tepat sasaran," tutur Taufik Hidayat.