Remaja Desa Pangkalan Jambi Rutin Gelar Latihan Seni Kompang

Remaja Desa Pangkalan Jambi Rutin Gelar Latihan Seni Kompang

RiauBerdaulat.com,BUKIT BATU - Di Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, kegiatan pelatihan dan pembinaan seni melayu Kompang terus dilakukan oleh generasi muda.
 
Seperti halnya Group Kompang Kasih dan Budi yang ada di desa itu terdiri dari 14 Anggota, mereka adalah anak-anak dan remaja desa Pangkalan Jambi yang tak ingin seni kompang hilang ditelan zaman.

Latihan rutin itu dilakukan di rumah kediaman kepala desa Pangkalan Jambi M.Karim.

"Kompang adalah kesenian Melayu yang perlu dilestarikan agar tidak hilang digerus zaman dengan kemajuan dan beragam kesenian baru yang muncul. Insyaallah kita tetap melestarikan Kesenian Kompang ini sampai kapan pun karena kompang Tradisi Bangsa kita Melayu, dan kita harus  menjaga serta melestarikan tradisi ini," kata Karim.

"Jika kita termasuk orang –orang yang peduli, melestarikan budaya ini adalah suatu tindakan yang sangat mulia. Bayangkan saja jika tradisi ini hilang atau bahkan diambil oleh bangsa lain." tambah Karim lagi.

Dikatakannya sudah semestinyalah sebagai orang Melayu merasa bangga akan tradisi yang sudah terwarisi dengan baik ini. "Menjaga agar kompang tetap lestari adalah suatu tindakan yang wajib kita lakukan,"Tutupnya. (ROP)