Rudi Siswanto Pria Asal Bengkalis Ini Rebut Juara 1 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Se Riau
Mesin Tebas Potong RMG hasil karya dan inovasi Rudi Siswanto yang berhasil meraih juara 1 se Riau.

Rudi Siswanto Pria Asal Bengkalis Ini Rebut Juara 1 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Se Riau

Laporan : Erwin

 

RIAUBERDAULAT.COM,PEKANBARU – Rudi Siswanto (40) pria asal Wonosari Bengkalis berhasil merebut Juara 1 Lomba Teknologi Tepat Guna tahun 2018 Se Riau. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Riau tanggal 8 sampai dengan 10 Juli 2018 lalu, di Hotel Grand Suka Pekanbaru.

Hal itu berdasarkan pengumuman yang disampaikan Pemerintah Provinsi Riau di harian Riau Pos tertanggal 17 Juli 2018 lalu.

Berdasarkan hasil seleksi lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat provinsi Riau tahun 2018 oleh tim penilai / juri, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts. 379/v/2018 diumumkan bahwa pemenang lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat provinsi Riau adalah sebagai berikut :

Juara 1 : Rudi Siswanto, Asal Peserta : Bengkalis, Judul Inovasi : Mesin Tebas Potong RMG.

Juara 2 : M. Ikhsan dan Romadhoni, Asal Peserta : Bengkalis, Judul Inovasi : Pemangkas Rumput Beroda (Panter).

Juara 3 : Suranto, Asal Peserta : Pelalawan, Judul Inovasi : CKM PALMLID (Pembersih Lidi Kelapa Sawit).

Pengumuman yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau Drs.H. Syarifuddin, AR,M.Si itu menyebutkan bahwa waktu dan tempat pembagian hadiah akan diberitahukan lebih lanjut kepada seluruh pemenang.

Rudi Siswanto yang dihubungi media ini melalui selulernya mengucapkan rasa syukur atas kemenangan dan prestasi yang diraihnya, dia tidak menyangka mesin tebas potong hasil kreasi dan inovasinya itu, keluar sebagai juara 1 pada lomba teknologi tepat guna tersebut.

“Alhamdulillah ini merupakan motivasi untuk penyemangat bagi saya, agar terus berkreasi dan berinovasi dengan lebih baik ke depan. Saya tidak menyangka meraih juara 1, karena saingan waktu itu banyak dan berat, apalagi tingkat provinsi Riau. Untuk itu saya mohon doa dan dukungan dari masyarakat Bengkalis agar ke depan saya bisa terus mengharumkan nama daerah, lewat hasil karya teknologi tepat guna lainnya,” tutur Rudi yang juga berprofesi sebagai mekanik ini terharu.

Sementara itu Panitia Penyelenggara Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau 2018, Junaidi dikonfirmasi membenarkan bahwa juara 1 dan juara 2 diraih oleh peserta dari Bengkalis, sebagaimana yang diumumkan di Riau Pos.

“Betul, sesuai dengan pengumuman yang kita pasang di Riau Pos tanggal 17 Juli lalu bahwa pemenang juara 1 dan 2 adalah peserta asal Bengkalis dan juara 3 dari pelalawan. Lomba digelar  pada tanggal  8 - 10 juli 2018 lalu di hotel Grand Suka Pekanbaru. Diikuti oleh 24 peserta dari seluruh Kabupaten/Kota di Riau. Sedangkan  tim juri kita datangkan dari LIPI Subang yang memang kusus mengkaji tentang inovasi teknologi tepat guna di Indonesia, kemudian dari Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Muhammidayah Riau, dan juga dari Universitas Riau (UNRI),” papar Junaidi.

 

Dijelaskannya bahwa penilaian terhadap peserta benar – benar Indipenden karena tim juri berasal dari kalangan akademisi profesional. Sehingga usai lomba langsung diketahui pemenangnya berasalkan perolehan nilai peserta.

“Memang kita ikut mengapresiasi peserta dari Bengkalis yang begitu inovatif, sepertinya benar – benar mendapat pendampingan serius dari Politeknik Negeri Bengkalis maupun AKN untuk utusan dari mahasiswa. Sedangkan yang juara 1 dari umum juga memiliki inovasi dan kreasi yang menarik dan luar biasa. Rencananya pembagian hadiah akan kita sesuaikan dengan jadwal Gubernur dan Pemerintah Provinsi Riau pada momen – momen tertentu di bulan Agustus mendatang, nanti pemenangnya akan kita hubungi.” tutur Junaidi.

 

Dinas Koperasi dan UKM Bengkalis Perdana Ucapkan Tahniah

Menanggapi prestasi gemilang yang diukir oleh Rudi Siswanto sebagai juara 1 dan M. Ikhsan dan Romadhoni juara 2 lomba inovasi teknologi tepat guna di tingkat provinsi Riau 2018, Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (Diskop UMKM) Bengkalis Herman Ahmad,SS.M.Si menyampaikan ucapan tahniah dan rasa bangganya.

“Alhamdulillah kita turut bangga dan mengucapkan tahniah kepada Rudi Siswanto yang meraih Juara 1, serta M. Ikhsan dan Romadhoni yang meraih Juara 2 lomba inovasi teknologi tepat guna se Riau tahun ini. Prestasi mereka yang mengharumkan nama daerah itu harus diapresiasi dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui dinas terkait, karena sudah semestinya menjadi motivasi, kalau perlu kita teruskan di tingkat nasional,” sambut Herman.

Menurut Herman, karena peserta dari Bengkalis menjadi juara 1 dan 2 pada tahun ini, maka alangkah baiknya di tahun depan, Bengkalis menjadi tuan rumah pelaksanaan lomba tersebut.

“Ya kalau perlu kita jadi tuan rumah tahun depan, itu untuk memotivasi potensi – potensi yang ada dari putra – putri terbaik kita di Kabupaten Bengkalis ini. Sedangkan produk inovasi yang berhasil keluar sebagai juara 1 dan 2 lomba tahun ini, patut diberikan perhatian serius. Jika memungkinkan untuk diproduksi lebih banyak maka dinas terkait seperti Disdagprin, DPMD, Balitbang dan lainnya juga harus serius memperhatikan dan mengejar bola, kita di Dinas Koperasi juga siap bekerjasama dengan instansi lainnya. Intinya kita bangga dengan prestasi yang mereka raih berikut hasil karya mereka pada lomba teknologi tepat guna tersebut yang layak untuk ditindaklanjuti dengan baik,” tutur Herman.