Foto : Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat menerima cenderamata dari General Manager EMP Malacca Strait Kelik Rudi Suharya pada saat Sosialisasi Survey Seismik 2D EMP Malacca Strait di Pekanbaru (27/1/2020).

Saatnya EMP Malacca Straits Libatkan Kampus yang ada di Bengkalis

Oleh : Alfansuri, ST. M.Sc (Tokoh Pendidikan Bengkalis)

Propinsi Riau merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki Block Migas terbanyak di Indonesia. Keberadaan Block-block Migas tersebut telah mejadi penopang utama di Republik ini. Namun masa lalu beroperasinya Block-block Migas tersebut tidak dibarengi dengan penyiapan sumber daya manusia anak tempatan, sehingga anak tempatan lebih banyak menjadi penonton padahal Migas keluar dari tanah-tanah mereka. Kadang-kadang kita sebagai masyarakat Riau iri dengan daerah lain, ketika Block Masela di Maluku mau dioperasikan Pemerintah, SKK Migas dan K3S begitu antusiasnya menyiapkan sumber daya manusia masyarakat Maluku dalam menyambut beroperasi Block Masela tersebut. 

Beberapa waktu yang lalu, EMP Malacca Straits telah melakukan sosialisasi akan melaksanakan seismik keberadaan Migas di Pulau Bengkalis dan sekitarnya yang merupakan bagian dari Block Malacca Strait, namun dalam proses sosialisasi tersebut yang juga dihadiri oleh SKK Migas belum ada tersirat akan melibatkan sdm anak tempatan dalam proses seismik maupun eksplorasi nantinya. Walaupun masih sifatnya uji sesismik 2 D  namun pasca perpanjangan kontrak EMP Malacca Strait pada tahun 2018 yang lalu, keseriusan EMP Malacca Straits untuk melakukan investasi di Pulau Bengkalis ini semakin nyata.

Rasanya cukuplah kepahitan masa lalu yang dialami oleh anak-anak tempatan, apalagi saat ini Kabupaten Bengkalis telah memiliki Politeknik Negeri Bengkalis dengan berbagai disiplin keilmuan, seharusnya EMP Malacca Straits bijak memandang persoalan ini, rasanya tapat jika EMP Malacca strait dari awal menggandeng perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Bengkalis ini. Oleh sebab itu pada kesempatan ini juga Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten dan pihak-pihak lainnya seperti LAM Riau Kabupaten Bengkalis mempertanyakan kepada EMP Malacca Straits akan kebutuhan tenaga kerja dan spesifikasi yang dibutuhkan sehingga secara bersama-sama baik pemerintah (kementerian ESDM) dan SKK Migas, K3S, Pemerintah Propinsi, Pemerintah kabupaten dan perguruan tinggi mempersiapkan spesifikasi kebutuhan ternaga kerja yang dibutuhkan tersebut.

Demikian juga halnya Block Rokan yang akan segera beralih dari PT CPI kepada Pertamina pada tahun 2021 ini, rasanya cukuplah kepahitan masalalu dialami oleh anak-anak negeri ini. Ini Negeri Bertuan, Tuannya adalah anak cucu dari zuriat Nenek Moyang Negeri Lancang Kuning ini. 

Fastabiqul Khairat.