Sekolah TK Negeri Pembina Kecamatan Bukit Batu Gelar Penilaian Lomba Menghias Taman
Pemotongan Pita Oleh Hj. Akna Juita

Sekolah TK Negeri Pembina Kecamatan Bukit Batu Gelar Penilaian Lomba Menghias Taman

Laporan: Andhika Bugis

SUNGAI PAKNING - Sekolah Taman Kanak- Kanak (TK) Negeri Pembina Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis menggelar Penilaian Lomba Menghias Taman dengan bahan Bekas.
 
Kegiatan tersebut terdiri dari berbagai sentra yang terbagi 6 Kelompok diantaranya, Sentra Persiapan Imtaq, Sentra Balok, Sentra Sains Budaya Drama, Sentra Matimatika, Sentra Olah Tubuh dan Sentra Kreatifitas.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD Kabupaten Bengkalis Hj. Akna Juita mengatakan bahwa, dari Dinas Pendidikan terutama di bidang PAUD sangat menyambut positif kegiatan yang dilaksanakan dan  diselenggarakan  oleh salah satu lembaga PAUD kita yang ada di kecamatan Bukit Batu ini yaitu, TK Pembina.

"Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih sekali kepada pihak Sekolah maupun orangtua dan bunda PAUD, tentunya ini semua  tidak terlepas dari dukungan bunda PAUD kecamatan dan Desa, sudah mengadakan kegiatan seperti ini. Dan manfaatnya sangat luar biasa, kita sudah melatih ataupun memberikan contoh kepada anak didik kita dari usia dini,"kata Akna Juita Selaku Kabid PAUD Kabupaten Bengkalis," Jum'at (13/03/2020).

Menurut Akna, kegiatan penilaian lomba menghias  taman ini adalah salah satu bentuk menjaga lingkungan,  baik itu dari pemanfaatan barang bekas maupun memperkenalkan tanaman-tanaman hidup, seperti apotek hidup kepada anak-anak dari usia dini. Tentunya yang lebih dari itu adalah meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan menjaga kebersihan lingkungan sekolah, sehingga anak-anak  betah dan merasa nyaman berada di lingkungan tersebut.

"Harapan kami kedepannya setiap Kecamatan itu nanti ada namanya  PAUD unggulan yang menjadi contoh bagi sekolah yang lain di setiap Kecamatan,"terangnya. 

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Jamilah S.Pd juga menyampaikan, Sekolah harus bisa menciptakan rasa nyaman, aman dan menyenangkan bagi peserta didik. Dengan begitu orang tua akan lebih merasa percaya, dan lebih merasa senang menitipkan anak anaknya. 

"Guru hanya fasilator, bagaimana anak anak bisa belajar tentang disini dengan suasana aman dan nyaman. merdeka belajar, atau belajar merdeka, bukan hanya penyampaian/ kata guru saja, namun  mereka bisa memecahkan dengan sederhana yang mereka alami, sehingga wawasan itu muncul dan bertambah," ungkapnya.

Lebih lanjut, Jamilah mengatakan bahwa kegiatan tersebut tidak memakai anggaran, namun atas partisipasi wali murid yang sebelumnya sudah di musyawarahkan. Untuk itu, dengan adanya kegiatan penilaian lomba menghias taman ini mampu melahirkan nilai nilai positif membawa generasi kedepan lebih baik.

"Semoga sekolah TK Negeri Pembina ini bisa menuju Sekolah PAUD Unggul. Dan kami juga punya sentra-sentra memasak di sini, agar anak anak juga bisa mengenal manfaat sayur,"terangnya.

Kemudian dilanjutkan pemotongan pita oleh Kabid  Hj. Akna Juita. Dan diteruskan Makan Bersama Serta Pembagian Hadiah bagi Kelompok Sentra yang menang.

Turut hadir dalam acara kegiatan,  Kabid PAUD Kabupaten Bengkalis beserta rombongan, Bunda PAUD Kecamatan Bukit Batu, DLH Bukit Batu, Upika Bukit Batu, Guru Guru Sekecamatan bukit Batu, Ustad, elemen terkait, Orang tua murid, serta Insan pers dan Masyarakat Setempat. (Andhika).