STIKES PMC Pekanbaru Lepas Mahasiswa Praktek Lapangan Profesi Ners di Siak Kecil dan Bukit Batu
Foto bersama

STIKES PMC Pekanbaru Lepas Mahasiswa Praktek Lapangan Profesi Ners di Siak Kecil dan Bukit Batu

Laporan : Erwin

 

RIAUBERDAULAT.COM,SIAKKECIL – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PMC Pekanbaru, Sabtu (31/3/2018) melepas puluhan mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Lapangan Profesi (PLP) Ners di Kecamatan Siak Kecil dan Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis.

 

Acara pelepasan dan serah terima mahasiswa Praktek Lapangan Profesi Ners tersebut dipusatkan di halaman Puskesmas Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil, turut hadir Camat Siak Kecil Mulyadi,SH.MH, Kepala UPT Puskesmas Lubuk Muda dr. Tuana Yosef Manalu, MP dan jajaran staffnya.

 

Terlihat juga hadir perwakilan Kapolsek Siak Kecil, Babinsa Siak Kecil, sejumlah kepala desa, ketua TP PKK Siak Kecil, Ketua LAMR Siak Kecil dan sejumlah undangan tokoh masyarakat.

 

Camat Siak Kecil Mulyadi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan bertugas melaksanakan Praktek Lapangan Profesi Ners kepada mahasiswa Stikes PMC di Siak Kecil ini, dan dia berharap kehadiran mereka dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesehatan masyarakat.

 

“Atas nama pribadi maupun Pemerintah Kecamatan Siak Kecil kami mengucapkan selamat bertugas dalam praktek lapangan profesi ners, kepada segenap mahasiswa Stikes PMC di sini, dan kebetulan rata - rata mahasiswa yang melaksanakan PLP ini adalah staff dari Puskesmas Siak Kecil sendiri, sehingga hal itu menjadi kebanggaan kita,” sambut Mulyadi.

 

Kepala Puskesmas Lubuk Muda dr. Tuana Yosef Manalu, MP dalam kesempatan itu menyatakan pihaknya menyambut hangat mahasiswa Praktek Lapangan Profesi Ners diinstansi yang dipimpinnya, apalagi lebih dari separohnya adalah staffnya sendiri yang melanjutkan study di Stikes PMC Pekanbaru.

 

“Kami menyambut hangat dengan hadirnya mahasiswa PLP Ners dari PMC Pekanbaru ini, apalagi ada sekitar 14 orang staff kami di Puskesmas ini yang ikut, mereka saya dorong untuk melanjutkan study di Stikes PMC Pekanbaru, sehingga ke depan diharapkan benar – benar berkompeten di bidang kesehatan untuk melayani masyarakat Siak Kecil dan sekitarnya,” tutur Manalu.

 

Dikatakan Manalu ada tiga bidang study yang diambil oleh mahasiswa yang melaksanakan praktik itu, antara lain  Perawat,  Kebidanan s1 dan Farmasi.

 

“Kita berharap mereka menggegas studynya, cepat selesai dan bisa bekerja lebih baik dan memiliki kompetensi yang baik pula sehingga kepercayaan masyarakat semakin tinggi terhadap puskesmas ini. Terimakasih Stikes PMC Pekanbaru sudah mendidik mereka dengan baik, dan sudah tentu kami akan terima mereka untuk bekerja kembali di sini,” ucapnya.

 

Sementara itu Dosen Pembimbing PLP Ners Stikes PMC Pekanbaru Ns.Ardenny S.Keb,M.Keb dalam kesempatan itu mengatakan bahwa tujuan kegiatan kemahasiswaan ners Stikes PMC Pekanbaru yang melaksanakan praktek lapangan di Puskesmas Lubuk Muda maupun Puskesmas Sungai Pakning adalah untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. 

 

“Kegiatan kemahasiswaan ini dimulai hari ini sampai tanggal 9 juni 2018, selama 3 bulan mereka akan mengabdi di tengah – tengah masyarakat Lubuk Muda dan Sungai Pakning,” jelas Ardenny.

 

Dipaparkannya bahwa pada dua minggu pertama mahasiswa akan fokus membantu masyarakat yang mengalami gangguan kejiwaan, serta merawatnya  jika ditemukan di tengah-tengah masyarakat. 

 

Ardenny menegaskan bahwa program tersebut juga untuk mendukung harapan pemerintah pusat yakni program Indonesia Sehat dan bangkit yang digencarkan oleh pemerintahan Presiden Jokowi. Oleh karena itu  petugas Puskesmas perawat dan bidan harus menjemput bola, harapannya masyarakat paham akan pentingnya keberadaan Puskesmas. 

 

“Selanjutnya mahasiswa Praktik Lapangan Profesi Ners ini juga fokus untuk membimbing komunitas keluarga sehat, lansia maupun Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Mereka akan mengarahkan peningkatan kesehatan keluarga, dan bagaimana keluarga memanfaatkan Puskesmas sebagai pelayanan terdepan. Untuk itu kami titipkan 52 orang mahasiswa kami baik di Puskesmas Lubuk Muda maupun Sungai Pakning agar kiranya bisa dibimbing untuk melaksanakan Praktek Lapangan Profesi ners ini dengan baik,” tutup Ardenny.

 

Acara diwarnai dengan serah terima document dan data mahasiswa yang bertugas dari perwakilan dosen Stikes PMC Pekanbaru kepada Camat Siak Kecil didampingi Kepala Puskesmas Lubuk Muda dan sejumlah pejabat unsur pimpinan kecamatan.