Tim Kukerta Terintegrasi UNRI Gelar MGMP di Siak Kecil
Kegiatan MGMP oleh Tim Kukerta UNRI di SMPN 1 Siak Kecil

Tim Kukerta Terintegrasi UNRI Gelar MGMP di Siak Kecil

Laporan : Erwin

SIAKKECIL - Menyikapi proses belajar mengajar di tahun pelajaran 2020 / 2021 dalam masa pandemi Covid-19, kelompok Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Terintegrasi Universitas Riau (UNRI) menyelenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). 

Kegiatan ini mengusung tema “Pemberdayaan Komunitas Belajar di Sekolah Melalui Bimbingan Teknik Pembelajaran dalam Jaringan untuk Penguatan Literasi Sains dan Digital".

Pantauan media ini kegiatan ini telah dimulai pada 21-22 Juli 2020 secara daring via zoom meeting, dengan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Riau, Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, DEA.

Sementara itu, MGMP yang diadakan secara during berlangsung pada Jum’at, 24 Juli 2020, di SMP Negeri 1 Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Kegiatan ini diikuti oleh para guru SMP dari sejumlah SMP yang ada di Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. 

Sejumlah narasumber dihadirkan, yaitu sejumlah dosen Universitas Riau serta guru pendamping. Selain para narasumber, para mahasiswa yang terlibat dalam program kukerta tersebut juga berkontribusi dalam keberlangsungan kegiatan ini. Kegiatan ini juga dilakukan mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi, seperti mencuci tangan sebelum memasuki area sekolah, memakai masker, serta dilakukan pengecekan suhu tubuh.

Katwadi, S. Pd., Kepala Sekolah SMPN 1 Siak Kecil mengatakan bahwa bimbingan terkait pemanfaatan media daring bertujuan agar para guru mahir dan terampil dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. 

"Dengan keterampilan yang diperoleh nantinya, para guru diharapkan dapat merancang proses pembelajaran dengan memanfaatkan media di era teknologi seperti sekarang ini demi keberlangsungan proses belajar bagi peserta didik." kata Katwadi.

Sementara itu, Dr. Evi Suryawati, M. Pd, Penggiat LS - Dosen FKIP UNRI, sekaligus sebagai narasumber dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa dengan adanya keterampilan memanfaatkan sistem daring, para guru diharapkan mampu menyusun perangkat pembelajaran dengan baik, serta menciptakan karya berkaitan dengan model pembelajaran untuk membantu peserta didik bisa tetap memahami pelajaran.

"Kegiatan ini akan dilanjutkan mulai dari awal agustus nanti, baik secara daring maupun luring. Para narasumber dan guru berkomitmen untuk menjaga penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan di masa pandemi. Semangat dan dedikasi para guru untuk tetap mencari cara untuk memberi ilmu kepada peserta didik patut diapresiasi." kata Dr. Evi.

Sementara itu salah seorang mahasiswi Kukerta UNRI Nisha Nurassyifa mengatakan bahwa kegiatan yang digelar diharapkan mampu menambah pengetahuan dan wawasan para guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di masa pandemi Covid 19.

"Semoga kegiatan MGMP di Siak Kecil ini bermanfaat bagi para guru maupun siswa siswi peserta belajar, kususnya di masa pamdemi Covid 19 ini," tutur Nisha.