Tim Pengabdian UNRI Gelar Pelatihan PJJ Melalui Pendampingan MGMP di SMA Lubuk Dalam
Teks : Foto bersama saat pelatihan PJJ Melalui Pendampingan MGMP di SMA Lubuk Dalam

Tim Pengabdian UNRI Gelar Pelatihan PJJ Melalui Pendampingan MGMP di SMA Lubuk Dalam

Laporan : Erwin
 
 
SIAK - Dosen Universitas Riau beserta Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terintegrasi melaksanakan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang bertujuan untuk membantu para guru mencapai proses Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang bermakna dan lebih inovatif, Rabu (26/8/2020).

Pembelajaran daring sepertinya masih harus terus dilakukan selama masa pandemi Covid-19 hingga waktu yang belum bisa ditentukan, sehingga konsekunsinya guru perlu mendesain pembelajaran jarak jauh yang lebih variatif dan tidak membosankan.

Pantauan RiauKepri.com Kegiatan MGMP  dilaksanakan di SMAN 1 Lubuk Dalam Kabupaten Siak yang iikuti oleh dua sekolah, yaitu SMAN 1 Lubuk Dalam dan SMAN 2 Lubuk Dalam.

PJJ diikuti oleh guru dari rumpun IPA, IPS dan Bahasa. Pelaksanaan MGMP dilakukan dari tanggal 21 juli – 31 agustus 2020 yang diadakan semingu sekali. 

Tim pengabdian UNRI yang ikut mendampingi kegiatan MGMP di SMAN 1 Lubuk Dalam antara  lain Muhammad Asyraf Attamimi (FKIP), Windy Rahmadaini (FMIPA), dan Yuli Yanti (FKIP). Tim ini dibimbing oleh Dr. Evi Suryawati, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

"Dengan dilaksanakannya PJJ ini, kita berharap para guru kususnya di SMAN 1 dan SMAN 2 Lubuk Dalam Kabupaten Siak, dapat menambah wawasan mereka dalam melaksanakan proses belajar mengajar kususnya pada masa pandemi Covid 19 ini," kata Asyraf Attamimi.

Kegiatan MGMP ini mengusung tema “Pemberdayaan Komunitas Belajar di Sekolah Melalui Bimbingan Teknik Pembelajaran Dalam Jaringan Untuk Penguatan Literasi Digital”, untuk penguatan literasi digital bagi para guru.

Dosen dan Tim Pengabdian UNRI memberikan solusi pemanfaatan aplikasi yang dapat digunakan dalam proses mengajar secara daring. Salah satunya yaitu aplikasi GAFE (Google Application For Education), aplikasi ini mencakup Google Calender, Google Docs, Google Video, dan Google Sites.

Tetapi, pada kegiatan MGMP kali ini Tim Pengabdian UNRI hanya memaparkan tentang Google Classroom dan Google Form, selain itu Tim Pengabdian UNRI juga memberi materi tentang pembuatan video monolog menggunakan aplikasi KineMaster, Bandicam, DU Recorder, dan Spartkol Video Scribe.

Pelatihan ini diharapkan untuk mempermudah para guru dalam menerapkan pembelajaran daring secara efektif, efisien dan juga sebagai bukti bahwa ada pembelajaran dengan para siswa di masa pandemi saat ini.

”Karena para siswa belajar di rumah selama masa pandemi, guru pun harus mempersiapkan proses belajar mengajar dengan baik. Dengan adanya kegiatan MGMP di sekolah ini sangat membantu kami dalam menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif, “ Ujar Roslina selaku Ketua MGMP.