TKN Pembina dan SMPN 10 Rupat Diresmikan
Foto bersama

TKN Pembina dan SMPN 10 Rupat Diresmikan

Laporan : Erwin

 

RUPAT - Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H. Bustami. HY meresmikan penegerian 2 sekolah di Pulau Rupat. Acara berlangsung di Halaman TK Pembina Rupat Kelurahan Batu Panjang, Jum'at (12/10/2018). Pagi.

Dua sekolah yang dinegerikan tersebut adalah TK Negeri Pembina (sebelumnya TK Pertiwi Rupat) dan SMPN 10 Rupat (sebelumnya SMP swasta Yayasan Bina Insani Rupat).

Dalam sambutan tertulis Bupati Bengkalis yang dibacakan Sekretaris Derah Bengkalis  mengatakan kita semua patut bersyukur dengan telah dilakukan peresmian penegerian TK Pembina Negeri Kecamatan Rupat dan SMP Negeri 10 Kecamatan Rupat, Perubahan status dari sekolah swasta maupun yayasan menjadi sekolah negeri merupakan salah satu komitmen Pemerintah kabupaten Bengkalis untuk memajukan dunia pendidikan di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis, khususnya di Kecamatan Rupat ini. Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus memiliki komitmen untuk berpihak pada peningkatan kualitas pendidikan.

“Pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut baik dengan berdiri serta Penegerian TK Negeri Pembina dan SMP 10 Rupat ini,  karena hal tersebut merupakan salah satu upaya kita dalam mendukung visi kabupaten bengkalis yakni “terwujudnya Kabupaten Bengkalis sebagai model negeri maju dan makmur di indonesia”.ujar Bustami

Disamping itu menurut Mantan Plt. Kepala BPKAD Kabupaten Bengkalis tersebut,  momentum bersejarah ini juga sebagai bagian dari penjabaran grand strategi enam jaminan kabupaten bengkalis, tepatnya pada poin kedua, yakni jaminan pelayanan pendidikan dalam rangka mewujudkan wajib belajar 12 tahun.

Ditambahkan Bupati, sekolah merupakan lembaga pendidikan setelah keluarga, oleh karenanya, sekolah hadir untuk menyempurnakan pendidikan seorang anak setelah mereka mendapatkan didikan orang tuanya. di sekolah, anak-anak akan belajar bagaimana berinteraksi dengan teman-temannya yang mungkin tidak dilakukan ketika sedang dirumah. sekolah juga menghadirkan insan-insan pendidik yang tulus mengajarkan peserta didik akan ilmu pengetahuan baik umum maupun keagamaan.

Disamping itu menurut Bustami lagi,  sejak tahun 2007 telah dicanangkan dan di alokasi dana sebesar 20% dari anggaran pendapatan belanja daerah untuk pemerataan pendidikan dalam membiayai berbagai kegiatan yang terangkum dalam program peningkatan mutu pendidikan, masalah pendidikan dan kualitas sumber daya manusia.

“Kita Pemerintah Daerah tetap melakukan perhatian besar terhadap pendidikan termasuk biaya dan anggarannya, namun yang lebih penting berapapun besar peningkatan anggaran dan biaya yang tersedia jika tidak dibarengi dengan kemajuan dan tekat untuk maju maka apa yang kita upayakan akan menjadi sia – sia.

Menurut Bupati, Sumber Daya Manusia merupakan aset utama dalam membangun suatu bangsa. ketersediaan sumber daya alam (natural resources) yang melimpah dan adanya sumber daya modal serta teknologi yang semakin canggih, tidak akan mempunyai kontribusi yang bernilai tambah, tanpa didukung oleh adanya sumber daya manusia (human resources)yang berkualitas.

“ sebagaimana kita ketahui bersama bahwa peningkatan kualitas suatu bangsa sesungguhnya bertumpu pada peningkatan kualitas sumber manusianya, dan hanya akan dapat dicapai salah satunya melalui penekanan pada pentingnya pendidikan. artinya pendidikan mempunyai kontribusi yang sangat berharga dan signifikan dalam meningkatkan kualitas suatu bangsa.” Sambung Bustami.

Diakhir sambutannya Bustami berpesan kepada para pendidik, para tenaga pendidik, agar siswa-siswa kita benar-benar-benar dibina, benar-benar ditempa agar menjadi putra-putri yang produktif, putra-putri yang menjadi kebanggaan bangsa kita. bukan hanya diisi otaknya tetapi juga diisi jiwanya, tetapi juga diisi kegigihan semangatnya.

Peresmian dihadiri Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Syakura, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Bengkalis Hj. Akna Juwita, Camat Rupat Hanafi, Kapolsek Rupat Masrizal, Kabid Paud Disdik Bengkalis Agus Fridamalis, Korwil Pendidikan Rupat Rais, serta sejumlah undangan lainnya.