Wan Sabri : Aset Pemkab Bengkalis KMP Tasik Gemilang Terbengkalai dan Mubazir
Foto : Kondisi KMP Tasik Gemilang yang terbengkalai di galangan kapal PT Bengkalis Dockindo Perkasa (BDP) Kecamatan Siak Kecil

Wan Sabri : Aset Pemkab Bengkalis KMP Tasik Gemilang Terbengkalai dan Mubazir

Laporan : Darmayanto
 
BENGKALIS - Badan Anti Korupsi Lembaga Inventarisir dan Penyelematan Uang Negara (BAK LIPUN) menyayangkan aset Pemerintah Kabupaten Bengkalis berupa armada Roro KMP Tasik Gemilang terbengkalai selama beberapa tahun belakangan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris BAK LIPUN Wan Muhammad Sabri kepada sejumlah media, Rabu (29/10/2020), pria yang akrab disapa Wan Sabri ini
mengatakan pihaknya sangat miris melihat kondisi aset tersebut.

"Aset Pemkab Bengkalis berupa KMP Tasik Gemilang itu terbiar tanpa ada perbaikan semenjak tahun 2017 silam, saat ini berada di galangan kapal PT Bengkalis Dockindo Perkasa (BDP) di Desa Koto Raja Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Padahal jika kapal itu bisa beroperasi, maka antrian panjang penyebrangan bisa teratasi." beber Wan Sabri.


Dari informasi yang dirangkum BAK LIPUN kata Wan Sabri, sudah dilakukan beberapa kali lelang untuk memperbaiki kapal tersebut, bahkan sudah tiga kali pelelangan, namun tidak ada rekanan yang berminat melakukan penawaran pekerjaan. 

"Masalahnya apa? kita juga belum tahu. Ketika kami pertanyakan ke Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, sebagai penguasa aset KMP Tasik Gemilang, ternyata benar sudah dilelang dan tak ada yang berminat. Oleh sebab itu kami meminta Dishub untuk melakukan penunjukan langsung seperti amanat Perpres 16 tahun 2018 dan peraturan LKPP  nomor 09 tahun2018. Apabila tender gagal sebanyak dua kali maka dilakukan penunjukan langsung." jelas aktivis anti korupsi ini.


Diutarakan Wan Sabri, bahwa Dinas Perhubungan berkilah bahwa hal itu merupakan kesalahan pejabat lama.

"Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pembiaran aset adalah termasuk ke dalam indikasi korupsi. Maka kita minta  Polres dan Kejaksaan Negeri Bengkalis untuk segera menyelidiki masalah tersebut." harapnya.

Lebih lanjut Wan Sabri meminta atensi Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi untuk turun tangan, agar KMP Tasik Gemilang dapat kembali digunakan dan dilakukan perbaikan menyeluruh.

"BAK LIPUN berharap Pj Bupati Bengkalis ikut memperhatikan aset KMP Tasik Gemilang ini, sebagaimana beliau telah memfungsikan sejumlah aset daerah yang selama ini tak terpakai," tutur Wan Sabri.