Disdagperin Bengkalis Gelar Rakor Pengendalian Inflasi Jelang Bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri

$rows[judul] Keterangan Gambar : Rakor Hari Besar Keagamaan dan Pengendalian Inflasi jelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H / 2021 M yang ditaja oleh Disdagperin Bengkalis.

Laporan : Erwin

BENGKALIS - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis, Selasa (6/4/2021) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) hari besar keagamaan dan pengendalian Inflasi menjelang bulan suci Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.


Rakor tersebut dilaksanakan di Aula Hang Tuah Lantai II Kantor Bupati Bengkalis Jalan Ahmad Yani.


Bupati Bengkalis diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra, Sales Brand Manager Pertamina Pekanbaru Aditya Agung Andrawina, Kepala Loka POM di Kota Dumai Emi Amalia, Kasubag Dalops Polres Bengkalis Tatit, R.H, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Bengkalis H Indra Gunawan dan jajaran, Kepala Dinas Ketahanan Pangan H Imam Hakim beserta para Camat Se - Kabupaten Bengkalis. 


Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bengkalis Heri Indra Putra dalam kesempatan itu mengatakan pertemuan Hari Besar Keagamaan ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah strategis yang akan diambil untuk menyambut pelaksanaan hari besar keagamaan, dimana biasanya di hari besar keagamaan ini akan terjadi lonjakan permintaan masyarakat akan kebutuhan bahan pokok.


"Tentu saja lonjakan itu menjadi perhatian dari pemerintah dan semua stakeholder yang terkait terutama dari faktor ketersediaan pasokan dan harga bahan pokok yang ada di Kabupaten Bengkalis.


"Untuk itu kami berharap pada Rakor hari besar keagamaan ini masing masing pemangku kepentingan untuk menyampaikan kepada kami sejauh mana persiapan nya. Sehingga dari hasil diskusi nantinya dapat memberikan solusi dan mengantisipasi permasalahan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan hari besar keagamaan yaitu lonjakan harga," tutur Heri.


Selanjutnya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Bengkalis H Indra Gunawan menyampaikan bahwa kesiapan kondisi dan kebutuhan bahan pokok kita di Kabupaten Bengkalis hampir 60%, sebagaimana bahan pokok penting yang tersedia itu sebanyak 11 diantaranya beras, kedelai, cabe, bawang merah, gula, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi, daging ayam, ayam telur dan ikan segar.


Dari 11 bahan pokok penting tersebut di Kabupaten Bengkalis secara umum distribusinya berjalan dengan baik dan lancar, namun tetap perlu diantisipasi dalam kondisi-kondisi tertentu. 


Kemudian Dapat disampaikan juga dari hasil pemantaun di Lapangan bulan Maret hingga April 2021, diperoleh informasi bahwa harga bahan pokok penting pada pasar-pasar yang ada masih relatif stabil dan ketersediaannya cukup menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021.


"Untuk itu kami melakukan upaya-upaya pengamanan menjelang puasa dan Idul Fitri, dengan melakukan pemantauan dan monitoring stock barang kebutuhan pokok ke distributor dan mengintenfikasi pemantauan harga barang kebutuhan pokok ditingkat konsumen dan stok pada pasar pantauan untuk memastikan kecukupan stok, sehingga ketersediaaan bahan pokok penting tidak terbatas," ujar Indra didampingi Kabid Perdagangan Dalam Negeri Jepri.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)