Melalui Program “BRI Menanam”, BRI Bengkalis Tanam 4.950 Bibit

$rows[judul] Keterangan Gambar : Foto bersama saat pelaksanaan Program BRI Bengkalis Benanam 4.950 Bibit, di Desa Kuala Alam Bengkalis Kecamatan Bengkalis, Kamis (25/8/2022)

Laporan : Erwin

BENGKALIS – Melalui program “BRI Menanam” Bank Rakyat Indonesia (BRI) BO Bengkalis melakukan penanaman sebanyak 4.950 bibit pohon yang tersebar di 16 desa dan nasabah BRI Unit. Secara simbolis, program “BRI Menanam” ini dipusatkan di Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis, Kamis (25/8/2022).


Sebelum dilakukan penanaman bibit jenis durian di depan Gedung Serbaguna Desa Kuala Alam, terlebih dahulu dilaksanakan serangkaian acara  seremonial yang langsung  dihadiri Pemimpin Cabang BRI BO Bengkalis, Kurniadi. 


Disamping itu, turut hadir juga  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkalis diwakili Fitra Rama S.STP, selanjurnya terlihat juga unsur pimpinan Kecamatan Bengkalis seperti Camat Bengkalis Ade Suwirman, perwakilan dari Danramil Pelda Rudianto, perwakilan dari Polsek Bengkalis Bripka Mustafa Kamal, Kepala Desa Kuala Alam Suri Hartono serta undangan lainnya.


Kepala Dinas PMD diwakili Fitra Rama S.STP dalam sambutan singkatnya memberikan apresiasi kepada BRI yang telah menginisiasi program “BRI Menanam”. Program tersebut sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam mewujudkan Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera (Bermasa). 


“Dengan melibatkan masyarakat desa sebagai wujud kolaborasi entitas pendukung ekosistem pelaku usaha makro. Sehinggga bibit yang ditanam tidak hanya bermanfaat  untuk lingkungan tetapi juga mampu mewujudkan kemandirian pangan. Bahkan diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan desa,” ujarnya.


Sementara itu, Pemimpin Cabang BRI BO Bengkalis, Kurniadi menjelaskan, pada  program ini untuk wilayah Bengkalis dilakukan penanaman sebanyak 4.950 bibit yang terbagi untuk  16 desa dan nasabah BRI Unit.


Implementasi  BRI Menanam di Desa Brilian (Desa Kuala Alam) dilakukan dengan berkolaborasi serta melibatkan perangkat desa, figur inspiratif lokal, klaster usaha, Agen Umi, termasuk  dalam hal  monitoring  dan  berkelanjutan kegiatan  BRI  Menanam  pada  fase selanjutnya.


“Untuk mendukung kesuksesan  program ini, jenis bibit yang ditanam  di masing-masing desa sudah sesuai dengan aspirasi  masyarakat dan juga  menyesuaikan jenis lahan. Sehingga bibit yang ditanam tidak  hanya bermanfaat untuk lingkungan tetapi juga  mampu  mewujudkan  kemandirian  pangan bahkan diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan desa,” papar Kurniadi.

                                                 Kurniadi menjelaskan bahwa Program  BRI menanam tidak hanya dapat  melestarikan lingkungan, namun  juga  sebagai  wujud komitmen pemberdayaan kepada masyarakat untuk menggerakkan  perekonomian  lokal.


Kali ini sambung Kurniadi, program “BRI Menanam” dipusatkan di Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis yang menjadi salah satu desa Birilian atau desa binaan BRI di Indonesia. 


Kedepan, ia berharap, desa-desa lain di Bengkalis bisa seperti Desa Kuala Alam. Untuk diketahui dalam memilih desa Brilian ini, pada September 2020, BRI melakukan seleksi terhadap 531 desa usulan dan memilih 125 desa dari berbagai daerah di Indonesia, selanjutnya Desa Kuala Alam menempati peringkat kelima terbaik Nasional.


Dalam kesempatan itu, dilakukan penyerahan beasiswa secara simbolis kepada para pelajar dari SD hingga SMA dari orang tua pelaku usaha mikro. Dilanjutkan dengan penyerahan bibit secara simoblis dan penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan bibit secara simbolis. Kegiatan ini ditutup dengan penanaman secara simbolis bibit pohon durian oleh Pemimpin Cabang BRI BO Bengkalis, Kurniadi didampingi undangan lainnya.(Inf)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)