TIM KUKERTA BALEK KAMPUNG UNRI 2021 SIAP SELAMATKAN EKOSISTEM MANGROVE DESA API - API

$rows[judul] Keterangan Gambar : Mahasiswa Kukerta UNRI 2021 melakukan penanaman mangrove di Desa Api - Api

BANDARLAKSAMANA - Desa Api-Api – Desa Api-Api merupakan daerah pesisir yang rentan terjadinya abrasi. Untuk meminimalisir terjadinya abrasi tersebut Tim Kukerta balek kampung  Universitas Riau Tahun 2021 melakukan kegiatan penanaman 100 bibit mangrove di Desa Api-Api Kecamatan Bandar Laksamana. Jumat 14/08/2021. 

Mangrove merupakan tanaman yang biasanya tumbuh di daerah pesisir pantai. Mangrove memiliki tipe perakaran yang sudah beradaptasi dengan lingkungan pasang surut air laut, akarnya bersifat akar nafas. Tipe akar mangrove ini dapat menahan pasir di daerah pesisir sehingga dapat mencegah terjadinya abrasi yang diakibatkan oleh gelombang air laut.

Terdapat beberapa titik di kawasan Desa Api-Api yang daerah pantainya tidak ditumbuhi oleh tanaman mangrove sehingga terjadilah abrasi. Dari sinilah Tim Kukerta Balek Kampung  Universitas Riau Tahun 2021 berinisiatif untuk melakukan penanaman mangrove. 

“Kegiatan penanaman bibit mangrove ini merupakan usaha yang kami lakukan dengan harapan dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya abrasi dan kami sangat berharap seluruh bibit yang kami tanam ini dapat tumbuh dengan subur dan menjadi habitat yang baik sehingga menimbulkan daya tarik untuk ikan-ikan datang dan berkembangbiak disini, yang nantinya secara tidak langsung membantu hasil tangkapan nelayan dalam menunjang ekonominya” ujar Siti Khumaira selaku penanggungjawab kegiatan penanaman bibit mangrove. 

Proses penanaman bibit mangrove yang dilakukan pada hari Jumat sore di Desa Api-Api tepatnya di Dusun Kelapa dihadiri oleh ketua BPD,  RT/RW 001, RT/RW 002, dan beberapa perwakilan dari kantor desa. Kegiatan ini disambut hangat oleh masyarakat Desa Api-Api.

Kegiatan  mensosialisasikan pembuatan sirup dari buah kedabu sebagai  inovasi Desa Api-Api bersama Ibu PKK ini dilaksanakan oleh tim kukerta balek kampung Universitas Riau yang dibimbing langsung oleh Ibunda Dr. Hafidawati.,S.Tp.,M.T.(Red)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)