UPT Puskesmas Sungai Pakning Lakukan Vaksinasi Covid 19 Terhadap 23 Jemaah Calon Haji

$rows[judul] Keterangan Gambar : Camat Bukit Batu Taufik Hidayat saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi bagi JCH di Puskesmas Sungai Pakning, Kamis (18/3/2021)

Laporan : Erwin

BUKITBATU - UPT Puskesmas Sungai Pakning sejak Selasa hingga Kamis (16 - 18 /3/2021) melakukan vaksinasi terhadap 23 Jemaah Calon Haji (JCH) Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis.

Kepala UPT Puskesmas Sungai Pakning dr. Dian Madanisti mengatakan bahwa Vaksinasi JCH dibagi menjadi dua kelompok, yaitu pertama untuk Jemaah Lanjut Usia (Lansia) atau yang berumur di atas 60 tahun, dan kedua JCH berumur 60 tahun ke bawah.

"Selasa (16/3/2021) lalu kita telah melakukan vaksinasi terhadap 11 orang Calon Jemaah Haji untuk Lansia, dan hari kamis kemaren vaksinasi dilakukan untuk jemaah berusia di bawah 60 tahun. Adapun total JCH Kecamatan Bukit Batu berjumlah 23 orang yang divaksin." ungkap Dian, Jumat (19/3/2021).

Dikatakan Dian,  jenis vaksin Covid 19 untuk JCH Kecamatan Bukit Batu adalah vaksin vaccine dari biofarma.

"Vaksin Covid 19 dengan jenis vaccine dari biofarma, rencana JCH akan divaksin sebanyak dua kali. Untuk Calon Jemaah Lansia intervalnya selama 28 hari, sedangkan Calon Jemaah Haji yang di bawah 60 tahun, intervalnya selama 2 minggu," tuturnya.

Menurut dr Dian yang pernah menyandang predikat tenaga kesehatan tauladan tingkat nasional tahun 2018 ini, vaksinasi dilakukan selain sebagai perlindungan, kegiatan ini sekaligus sebagai pembinaan kesehatan dalam menyiapkan kesehatannya sebelum berangkat ke tanah suci.

Dia menyampaikan dalam menyiapkan kesehatan jemaah haji yang akan berangkat tahun ini akibat penundaan tahun 2020 sebaiknya dilakukan screening kesehatan, sehingga kesehatan Jemaah haji itu sendiri selalu terpantau dengan baik.

Sementara itu Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, S.STP. MPA, saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Sungai Pakning mengatakan bahwa calon jemaah haji harus selalu menjaga kesehatannya pada masa pandemi Covid-19 ini.

"Calon Jemaah Haji Bukit Batu kita imbau agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat walaupun sudah diberikan vaksinasi Covid-19 ini.  Senantiasa terapkan protocol kesehatan di masa pandemic Covid-19 dengan 3 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir), pola hidup sehat dan cara menjaga dan menyiapkan kesehatannya sebelum keberangkatan ke tanah suci," pesan Camat Taufik.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)