Belasan Tahun Terbengkalai, dr. Moris Bantu Pembangunan Mesjid di Desa Teluk Papal Hingga Selesai

$rows[judul] Keterangan Gambar : Dr. Moris anggota DPRD Bengkalis saat meninjau pembangunan Mesjid Ubudiya Dusun Teluk Pesisir Desa Teluk Papal yang terbengkalai beberapa waktu lalu

Laporan : Erwin

BANTAN - Sebuah pemandangan yang memprihatinkan terdapat di Dusun Teluk Pesisir Desa Teluk Papal Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, terdapat bangunan Mesjid Ubudiya yang dibangun dengan swadaya masyarakat dan bantuan sosial terbengkalai alias tak selesai sejak 2009 lalu. 

Pondasi yang sudah didirikan sejak belasan tahun terakhir itu dipenuhi dengan semak belukar dan ilalang.

Terlihat jelas bangunan Masjid Ubudiya itu tidak selesai dibangun karena keterbatasan dana dari swadaya masyarakat.

Mendengar laporan dan keluhan dari masyarakat Desa Teluk Papal tersebut, anggota DPRD Bengkalis dari Partai Demokrat dr. Moris langsung turun ke lokasi untuk melihat langsung.

"Mendapat laporan dari masyarakat tentang kondisi Mesjid Ubudiya yang belum selesai itu, saya langsung turun ke lokasi, itu saya turun tahun 2018 silam," ungkap dr. Moris , Kamis (19/11/2021).

Dr. Moris turun ke lokasi didampingi pengurus mesjid dan juga masyarakat setempat. Setelah melihat langsung dan menampung aspirasi dari warga, dia langsung mengusulkan lanjutan pembangunan mesjid ubudiya melalui anggaran pokok pikiran (Pokir) di DPRD Bengkalis.

"Awalnya saya usulkan untuk melanjutkan pembangunan mesjid itu pada anggaran APBD Bengkalis tahun 2020, namun karena terjadi rasionalisasi dan refocusing anggaran Covid 19, maka terpaksa dipending, dan kita bersyukur pada tahun 2021 sudah masuk dengan anggaran dana Rp. 180.000.000,-" jelasnya.

Dengan anggaran Rp. 180 juta pada tahun ini, difokuskan untuk menyelesaikan bangunan utama meneruskan struktur pondasi yang sudah terpanjang bertahun - tahun sebelumnya.

"Tahun ini tahap awal, saya berkomitmen akan terus mengusulkan anggaran pembangunan mesjid ini sampai selesai, melalui anggaran aspirasi dan pokir saya di DPRD Bengkalis. Diperkirakan tahun 2023 pembangunannya sudah finishing, sampai pada peralatan dan perlengkapan mesjid seperti karpet sajadah, sound sistim dan fasilitas penunjang lainnya selesai, sehingga bisa digunakan dengan layak untuk beribadah bagi kawan - kawan umat Islam di desa Teluk Papal," tutur dr. Moris.

"Dalam menampung aspirasi dan membantu warga, saya tidak pernah membeda - bedakan suku, agama dan lainnya, semua itu saya lakukan atas nama kemanusiaan," tutupnya.

Terpisah Ketua Pengurus Pembangunan Mesjid Ubudiya Dusun Teluk Pesisir Desa Teluk Papal Zaidi, ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa dr. Moris anggota DPRD Bengkalis dari Partai Demokrat Dapil Bengkalis - Bantan, telah membantu sepenuhnya dalam melanjutkan pembangunan rumah ibadah yang didambakan masyarakat setempat.

Dikatakan Zaidi masjid ubudiya mulai didirikan sejak tahun 2009 silam, melalui bantuan dana bansos dan juga swadaya masyarakat.

"Dan alhamdulilah, pada tahun 2018 lalu, sudah dilirik oleh anggota DPRD kita yang peduli dengan masyarakat Dusun Teluk Pesisir Desa Teluk Papal, beliau adalah Bapak dokter Moris, kita ajukan proposal di 2019, maka tahun 2021 ini mulai dibangun." ungkap Zaidi.

Dikatakan Zaidi,  bantuan dana yang hibahkan melalui Pokir dr Moris, dipergunakan untuk melanjutkan pembangunan dinding dan teras masjid, dan tahun depan untuk kelanjutan bangunan lainnya.

"Kami atas nama masyarakat Dusun Teluk Pesisir Desa Teluk Papal, mengucapkan terimakasih yang sebesarnya, atas bantuan dan perhatian yang diberikan Bapak dr. Moris untuk pembangunan mesjid ubudiya. Mudah - mudahan, kami berharap penganggarannya bisa diteruskan untuk anggaran tahun berikutnya sampai pembangunan mesjid ini selesai," harap Zaidi.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)