Berantas Ilegal Logging, Polsek Bukit Batu Lakukan Penyelidikan di Bukit Sembilan Tanjung Leban

$rows[judul] Keterangan Gambar : Tim Polsek Bukit Batu saat melakukan penyelidikan di lokasi ilegal logging Dusun Air Sembilan Desa Tanjung Leban Kecamatan Bandar Laksamana, Selasa (16/11/2021).

Laporan : Erwin

BANDARLAKSAMANA - Sebagai bentuk komitmen yang serius serta dalam menjalankan amanah Kapolda Riau dan Kapolres Bengkalis terhadap pemberantasan Ilegal Logging (Ilog), Polsek Bukit Batu terus melakukan patroli serta pengawasan di wilayah hukumnya yang mencakup Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis - Riau.

Demikian disampaikan Kapolsek Bukit Batu Kompol Irwandi, Rabu (17/11/2021) kepada RiauBerdaulat.com, diutarakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan terhadap dugaan aktivitas ilog di kawasan Bukit Sembilan Dusun Air Raja Desa Tanjung Leban Kecamatan Bandar Laksamana.

"Kita mendapat Informasi dari masyarakat, bahwa ada kegiatan ilog di Kawasan Bukit Sembilan Dusun Air Raja Desa Tanjung leban, maka kemarin tim kita langsung turun ke lokasi, dan benar saja, kita menemukan sejumlah bukti - bukti di lokasi," papar Kompol Irwandi.

Jarak tempuh lokasi tersebut dari Mapolsek Bukit Batu selama 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, pada pukul 12.00 WIB, Selasa (16/11/2021) siang, tim Polsek Bukit tiba di Dusun Air Raja, selanjutnya berjalan kaki sejauh tiga kilometer menuju tempat yang diduga operasional ilog.

"Di lokasi kita temukan bekas aktivitas ilegal loging, diperkirakan dua hari sebelumnya mereka masih beroperasi. Di TKP (Tempat Kejadian Peristiwa - Red) terdapat barang bukti dua sepeda pengangkut dan kayu - kayu bekas dibelah menjadi papan," tambahnya.

Selanjutnya tim patroli dan penyelidik Polsek Bukit Batu mengamankan BB yang ada di lokasi untuk di bawa ke Mapolsek.

"Pemiliknya tidak ditemukan di lokasi, tapi barang bukti sudah kita amankan, sekaligus kita lakukan pemeriksaan saksi - saksi, untuk kepentingan penyelidikan serta pengawasan," kata Irwandi.

Sementara di lokasi kedua, lanjut Kapolsek Bukit Batu, ditemukan BB berupa mesin sinsow sebanyak dua unit.

"Lokasi itu merupakan kawasan hutan produksi penyanggah cagar biosfir, dan hal itu menjadi tugas kami menjaganya agar tidak terjadi operasional ilog apapun. Kita akan berusaha secepat mungkin dalam melakukan penyelidikan ini, agar segera menangkap tersangkanya," imbuhnya.

Kapolsek Bukit Batu Kompol Irwandi mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen memberantas ilog, yang merupakan amanah dari Kapolda Riau beserta Kapolres Bengkalis. Kegiatan patroli akan terus berlanjut  dengan berkoordinasi bersama Upika dan juga Pemerintah Desa.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)