Festival Gemar Ramadhan di Dusun Bukit Batu Darat jadi Ajang Silaturahmi dan Bekal Masa Depan

$rows[judul] Keterangan Gambar : Foto bersama

BENGKALIS - Dusun Bukit Batu Darat menggelar acara Festival Gemar Ramadhan Tingkat anak - anak tahun 2021 bertepatan dengan 1442 Hijriyah, Rabu (28/4/2021).

Acara ini merupakan partisipasi Ikatan Persatuan Pemuda Dusun Bukit Batu Darat (IPPDBBD) dalam memeriahkan ramadahan tahun ini. Adapun jenis perlombaannya adalah Lomba membaca doa, hafalan Q.S al-Baqarah ayat 183, lomba doa niat sahur / berbuka, lomba azan, lomba menulis cerita ramadhan, dan lomba hafalan surat pendek. 

Lomba ini di sambut hangat oleh warga setempat khususnya masyarakat dusun bukit batu darat. Juri yang diundang adalah mereka yang cakap dan handal dalam bidang keagaaman dan juga qori tingkat kabupaten sebut saja Bapak Fahmi, S.Pd (selaku Ketua LAM desa Bukit Batu) dan Bapak Ibrahim, S.Pd.I (Imam Masjid Ar-Rosyidin Bukit Batu). 

"Festival ini bukan ajang untuk saling menjatuhkan. Bukan tentang menang atau kalah, bukan tentang kesombongan tapi tentang mental anak yang harus di bangun sejak dini. Festival ini tidak berhenti sampai disini. Namun InsyaAllah acara ini akan diadakan setiap tahunnya. Bagaimana peran orang tua dan masyarakat membangun motivasi belajar anak-anak. Apalagi sekarang ini kita dihadapkan dengan pandemi yang membuat sistem pendidikan anak berubah total." Kata  Fahmi, S.Pd. sebagai Ketua LAM Desa Bukit Batu. 

Kemudian acara ini ditutup dengan tausiyah islami oleh Ketua Mes Bengkalis Bapak Risman Hambali, ME. Beliau adalah salah satu dosen STAIN Bengkalis. Materi tausiyah beliau koheren dengan tema festival gemar ramadhan. Bagaimana menumbuhkan semangat belajar pada anak dan memberikan nasihat kepada anak-anak agar tidak memiliki sikap sombong sejak dini. 

Kepala Desa Bukit Batu, Mahendra, S.Ikom, MM menyampaikan "Acara ini merupakan harapan masa depan re-generasi Dusun Bukit-Batu Darat. Artinya langkah awal untuk mempersiapkan generasi gemilang 10 atau 20 tahun yang akan datang. Mengingat masih pandemi, acara ini pun tak luput dari protokol kesehatan (memakai masker) bagi seluruh warga bukit batu darat." Kata Mahendra.

Sementara itu Kepala Dusun Suhartono menambahkan bahwa Pandemi Covid tidak menjadi penghalang untuk bergerak. 


"Untuk tidak berbuat apa-apa. Kita harus melakukan perubahan agen of change asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang benar." Kata Suhartono.


Harapan dari Katua Panitia Sumiati, S.Sos adalah semoga setiap tahunnya tetap berjalan dan merambah ke kelas-kelas lebih tinggi. Misalnya tingkat SMP bahkan SMA. Ini semua tidak terlepas dari peran warga setempat yang antusias terhadap acara ini. 



"Semoga warga dusun bukit batu darat tetap solid dalam menjalan silaturahmi antar sesama. Apalagi ini bulan suci ramadhan mari saling memaafkan atas segala kesalahan dan kekhilafan. Marhaban ya ramadhan." Tutup Sumiati.(Win)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)