Musrenbang Kecamatan Siak Kecil Sebagai Botton Up Planning

$rows[judul] Keterangan Gambar : Camat Siak Kecil M. Fadlul Wajdi, Anggota DPRD Bengkalis Zuhandi foto bersama dengan sejumlah pejabat usai Musrenbang Kecamatan Siak Kecil, Senin (22/2/2021).

Laporan : Erwin


SIAK KECIL, - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbag) sebagai ruang menyerap aspirasi masyarakat paling bawah atau dalam bahasa perencanaannya disebut sebagai Bottom Up Planning.

Demikian disampaikan Pj Bupati Bengkalis dalam pidatonya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Bengkalis Jefalinus pada pembukaan Musrenbag Kecamatan Siak Kecil, Senin (22/2/21) di Kantor Camat Kecamatan Siak Kecil.

Lebih lanjut menurut Jefalinus, bahwa Musrenbang Kecamatan Siak Kecil ini merupakan bagian dari tahapan atau proses perencanaan yang dilaksanakan setiap tahunnya dengan menghasilkan output berupa kesepakatan terhadap kegiatan skala prioritas yang diangkat dari permasalahan - permasalahan yang ril yang ada di masyarakat.


"Meskipun Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah priode 2021-2026 belum dilantik namun Musrenbang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang dilaksanakan ini tetap mengacu pada dokumen RPJPD 2005-2025 dengan tetap mempertimbangkan visi dan misi serta program Kepala dan Wakil Kepala Daerah terpilih," jelasnya.

Kemudian Jefalinus mengatakan bahwa Pemerintah Desa/Kelurahan se-Kabupaten Bengkalis telah selesai menginput usulan kegiatan melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Dengan total seluruh usulan yang telah diinput sebanyak 4.916 kegiatan dan akan di verifikasi oleh Perangkat Daerah terkait.

Untuk Kecamatan Siak Kecil pada tahun 2021 ini memperoleh alokasi anggaran dari APBD tahun 2021 sebesar 31.122.082.450,00 Miliar Rupiah yang diperuntukan untuk infrastruktur jalan, perumahan dan pemukiman, pendidikan, kesehatan, pertanian, kependudukan, perdagangan dan perindustrian serta sektor perikanan.


"Selain itu Kecamatan Siak Kecil juga termasuk salah satu dari 6 Kecamatan locus intervensi penurunan stunting terintegrasi tepatnya di Desa Muara Dua dan Desa Lubuk Gaung," pungkasnya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian serta mempertajam hasil input usulan desa dalam SIPD oleh masing-masing Kepala Desa dan Peserta Musrenbang lainnya.

Turut hadir Anggota DPRD Dapil Siak Kecil, Bukit Batu dan Bandar Laksamana yang juga Ketua Komisi I Zuhandi, Camat Siak Kecil M. Fadlul Wadji, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis H Imam Hakim, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan H Indra Gunawan, Kadis Sosial Martini dan Kadis Parbudpora Anharizal, Perwakilan Perangkat Daerah, Forkopimcam, Kepala Desa Se- Kecamatan Siak Kecil serta para peserta Musrenbang Kecamatan Siak Kecil tahun 2021.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)