Kepala Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Kunjungi Ekowisata Mangrove Desa Pangkalan Jambi

$rows[judul]

Laporan: Andhika

BUKIT BATU- Kepala Balai Besar Regional Sumatera, Dirjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Irsan, SH., MSI, Ph.D melakukan kunjungan kerja di Ekowisata Maongrove Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Riau, Jum'at (19/02/2021).

Kedatangan Kepala Balai Besar Regional Sumatera tersebut, disambut langsung oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Bengkalis H Ismail, Kepala Dinas PMD Yuhelmi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis H Imam Hakim, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis H Suwarto, Camat, Manager Pertamina RU II Sungai Pakning Rudi Hartono Kapolsek, Danramil, Humas Pertamina Rahmat Hidayat, Kepala Desa, dan instansi lainnya.

Dalam sambutannya, Irsan mengatakan keberhasilan Desa Pangkalan Jambi sudah sering terdengar, untuk itu pihaknya dengan sengaja untuk hadir serta meninjau lokasi tersebut. Dan Desa pangkalan Jambi bisa dijadikan salah satu contoh bagi desa lainnya.

"Kehadiran kita disini, kita ingin mengangkat desa ini menjadi terkenal di kancah nasional hingga internasional, karena kami membawa tim liputan Bina Pemdes yang nantinya akan diekspos di Televisi,"ungkap Irsan 

Menurut Irsan, sebelumnya sudah didiskusikan juga bersama ibu menteri bahwa desa- desa yang sekitaran pesisir ini memang perlu perhatia lebih terutama desa-desa yang perbatasan termasuk di pulau Bengkalis.

"Nanti kami akan laporkan kepada Menteri apa yang kami dapat pada hari ini. Kepada PT Pertamina RU II Sungai Pakning kami atas nama kementerian Dalam Negeri juga mengucapkan terima kasih sekali atas kolaborasi dan kerjasamanya terhadap Pemerintahan desa. Bagaimanapun juga kami kementerian belum bisa menjangkau atau bisa membangun semua desa ini hanya dengan uang APBN. Untuk itu Kita berikan apresiasi kepada PT Pertamina dan kami ucapkan terimakasih,"terangnya.

Selain itu, Irsan juga menyampaikan bahwa pihaknya membawahi 10 provinsi mulai dari Aceh sampai dengan Lampung dan desa yang di bina kurang lebih Rp.23.000. 

"Harapan kita melalui kerjasama dengan Pertamina Kami lihat di sini luar biasa sekali terutama untuk wisata mangrove Desa Pangkalan Jambi dan juga bahkan turunan dari mangrove-nya pun bisa dikerjasamakan dari dini bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa yang lain,"pintanya.

Sementara itu, PJ Buoati Bengkalis H Syahrial abdi yang diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Bengkalis H Ismail mengucapkan terimakasih atas kehadiran tamu istimewa dari direktorat jenderal bina pemerintahan desa kementerian Dalam Negeri beserta tim liputan TV bina pemdes kementerian Dalam Negeri yang akan meliput serta menggali informasi perkembangan Desa ini.

"Hal ini tentunya sebuah peluang dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita semua, terima kasih Pak Irsan yang sudah ke tempat kita ini jauh jauh jauh terbang dari Lampung ke Jakarta sampai ke desa pangkalan Jambi ini,"tuturnya.

H Ismail menyampaikan bahwa wisata mangrove ini dulunya hanyalah sebuah hamparan hutan mangrove hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan bakar untuk keperluan rumah tangga, serta sebagai tempat persinggahan para nelayan Desa pangkalan Jambi dan sekitarnya setelah pulang dari melaut. Namun apa yang di lihat saat ini justru berbanding terbalik dengan apa yang kita lihat sebelumnya, melalui sinergitas antara pemerintah Desa masyarakat dan swasta khususnya PT Pertamina akhirnya kawasan yang dulunya hutan mangrove terbiarkan dapat diolah menjadi sebuah kawasan ekowisata mangrove yang menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata menarik di kabupaten Bengkalis.

"Terbentuknya Desa pangkalan Jambi ini merupakan salah satu bentuk praktek inovasi dan kreativitas kreativitas pemerintahan desa dalam pemberdayaan masyarakatnya yang berkolaborasi dengan PT Pertamina RU II Sungai pakning guna menggali memanfaatkan serta memberdayakan potensi yang ada di desa dari sebuah tantangan sebuah potensi menjadi sebuah peluang dan investasi masa depan dalam kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Desa dan PT Pertamina RU II sungai pakning yang telah melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat melalui program corporate social responsibility atau CSR sehingga pembangunan wisata mangrove Desa pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu dapat terwujud dan berikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa serta pemerintah daerah,"tuturnya.

Selain itu, Manager PT Pertamina RU II Sungai Pakning Rudi Hartono juga siap berkolaborasi kepada desa untuk lebih baik kedepannya.

"Kita selalu siap membantu desa lebih baik kedepannya terkait magrove ini,"ucapnya.

Disampaikan juga Kepala Desa Pangkalan Jambi Novri Jefrika bahwa kehadiran Kepala Balai Besar Regional Sumatera, Dirjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Irsan beserta rombongan adalah awal kemajuan Desa Pangkalan Jambi.

"Kita atas nama Pemerintahan Desa Pangkalan Jambi mengucapkan terimakasih atas kehadirannya Dan juga instansi lainnya yang mesuport dan turut menyampaikan potensi yang ada di desa ini,"tutupnya. 


Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)