PWI Bengkalis Apresiasi Pertamina RU II Sungai Pakning yang Menggelar Pelatihan Jurnalistik

$rows[judul] Keterangan Gambar : Foto bersama usai pelatihan jurnalistik yang digelar Pertamina RU II Sungai Pakning bersama Riau Pos.

PEKANBARU - Sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan, PT. Pertamina (Persero) RU II Production Sungai Pakning menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik di Graha Pena Riau, Panam, Pekanbaru, Selasa, 16 Februari 2021.


Pelaksanaan kegiatan diikuti oleh jurnalis dari berbagai media lokal yang ada di Wilayah Gerbang Laksamana (Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana) Kabupaten Bengkalis dengan narasumber yakni Wakil Direktur Utama Riau Pos Ahmad Dardiri dengan materi Membangun Bisnis Media yang Sehat, Redaktur Senior Riau Pos Muhammad Amin terkait Penulisan Jurnalistik Masa Kini, dan Pimpinan Redaksi Riau Pos Firman Agus dengan materi Media Online, Konvergensi, dan Tantangan ke Depan. 


Dikatakan oleh Supervisor General Affair PT. Pertamina (Persero) RU II Production Sungai Pakning, Rahmat Hidayat, kegiatan tersebut merupakan salah satu program kegiatan di tahun 2021.


"Ini merupakan launching awal dari program kegiatan di tahun 2021. Mari kita jalin hubungan dan komunikasi yang baik, sehingga antara media dan perusahaan dapat saling bekerja sama," ujar pria yang akrab disapa Dayat ini dalam sambutannya.


Selanjutnya, dalam pemaparan materi pelatihan, Ahmad Dardiri mengatakan, menjalankan bisnis media, terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini, dapat dikatakan cukup sulit.


Namun, sambungnya, setiap media harus menjalankan perannya dengan tetap mengedepankan kode etik jurnalistik dan harus sesuai dengan ketentuan undang-undang.


"Pers itu bukan preman. Jadi bukan untuk menginjak-injak, tapi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat," ujar pria yang akrab disapa Ade ini.


Maka dari itu, ujar Ade lagi, media harus bisa menjalin kerja sama yang baik dan saling menguntungkan dengan perusahaan.


"Jalin kerja sama yang sifatnya simbiosis mutualisme tanpa melupakan perannya sebagai pers dengan tetap menyampaikan suara-suara masyarakat. Maka media akan tetap hidup," paparnya. 


Selanjutnya, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis, Alfisnardo mewakili rekan-rekan media yang hadir menyampaikan, kegiatan tersebut sangat positif, mengingat pelatihan jurnalistik memang sangat diperlukan bagi rekan-rekan pers sebagai ajang menimba ilmu dan menambah wawasan.


"Mewakili rekan-rekan media yang hadir, saya memberikan apresiasi kepada PT. Pertamina Sungai Pakning karena telah melaksanakan kegiatan ini. Ini wujud nyata kepedulian managemen terhadap insan pers," ujarnya.


Ia juga berharap agar kegiatan tersebut akan menjadi agenda tahunan managemen kedepannya.


"Mudah-mudan kegiatan ini bukan hanya menjadi yang pertama tapi menjadi agenda tahunan PT. Pertamina Sungai Pakning," pungkasnya.(Red)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)